Efektivitas Positive Parenting Program (Triple-P) dalam Meningkatkan Keterampilan Regulasi Diri Orang Tua Remaja: Systematic Review

Anandany Arlita Nastiti Putri, Achmad Chusairi

Abstract


Salah satu periode perkembangan dengan karakteristik yang khas adalah masa remaja, yang ditandai dengan adanya periode peralihan dari fase anak-anak ke fase dewasa. Karakteristik yang khas tersebut ditandai dengan adanya perubahan fisik, biologis, dan psikososial. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap gaya pengasuhan yang diterapkan orang tua. Adanya perubahan besar dalam tahap perkembangan remaja membuat orang tua harus memiliki keterampilan regulasi diri untuk mengontrol tingkah laku, merencanakan aktivitas untuk mencapai tujuan, mengatur pikiran dan emosi dengan baik, dan melakukan penyesuaian terhadap tingkah laku dalam melakukan pengasuhan kepada remaja. Keterampilan regulasi diri tersebut didapatkan dari salah satu program yaitu Positive Parenting Program (Triple-P) yang merupakan bentuk intervensi keluarga untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri orang tua. Database elektronik yang digunakan adalah SagePub, Springer Link, dan Google Scholar. Pencarian awal didapatkan 24 jurnal, kemudian enam jurnal dipilih berdasarkan kriteria eksklusif yang diidentifikasi menggunakan teknik analisa data tematik. Hasil dari penelitian ini adalah Positive Parenting Program (Triple-P) efektif untuk meningkatkan keterampilan regulasi orang tua remaja. Keterampilan regulasi diri orang tua remaja yang dioperasionalkan dalam Triple-P adalah self-sufficiency, parental self-efficacy, self-management, personal agency, serta problem solving. 


Keywords


Remaja, Regulasi diri, Positive parenting program, Review

References


Anindyajati, P. D. (2013). Status identitas remaja akhir: Hubungannya dengan gaya pengasuhan orangtua dan tingkat kenakalan remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).

Arham, Z., Bahrun, B., & Bakar, A. (2017). Regulasi diri pada ibu tunggal yang memiliki anak remaja. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(2).

Baumeister, R. F., Gailliot, M., DeWall, C. N., & Oaten, M. (2006). Self‐regulation and personality: How interventions increase regulatory success, and how depletion moderates the effects of traits on behavior. Journal of personality, 74(6), 1773-1802.

Handayani, P.K. (2014). Modul Pengantar Asesmen Psikologi. Perpustakaan UM Jember : Jember.

Kiling-Bunga, B. N., Margiani, K., & Kiling, I. Y. (2020). Parenting research in Indonesia: What we have done so far. Buletin Psikologi, 28(1), 59-71.

Markie-Dadds, C., & Sanders, M. R. (2006). Self-directed Triple P (Positive Parenting Program) for mothers with children at-risk of developing conduct problems. Behavioural and Cognitive Psychotherapy, 34(3), 259-275.

Martínez-González, R. A., Rodríguez-Ruiz, B., Álvarez-Blanco, L., & Becedóniz-Vázquez, C. (2016). Evidence in promoting positive parenting through the Program-Guide to Develop Emotional Competences. Psychosocial intervention, 25(2), 111-117.

Mubarok, P. P. (2016). Program pengasuhan positif untuk meningkatkan keterampilan mindful parenting orangtua remaja. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 35-50.

Morawska, A., Sanders, M. R., O’Brien, J., McAuliffe, C., Pope, S., & Anderson, E. (2012). Practitioner perceptions of the use of the Triple P–Positive Parenting Program with families from culturally diverse backgrounds. Australian Journal of Primary Health, 18(4), 313-320.

Ralph, A., & Sanders, M. R. (2003). Preliminary evaluation of the Group Teen Triple P program for parents of teenagers making the transition to high school. Australian E-journal for the Advancement of Mental Health, 2(3), 169-178.

Sanders, M. R. (2012). Development, evaluation, and multinational dissemination of the Triple P-Positive Parenting Program. Annual review of clinical psychology, 8, 345-379.

Sanders, M. R., & Mazzucchelli, T. G. (2013). The promotion of self-regulation through parenting interventions. Clinical child and family psychology review, 16(1), 1-17.

Sanders, M. R., Kirby, J. N., Tellegen, C. L., & Day, J. J. (2014). The Triple P-Positive Parenting Program: A systematic review and meta-analysis of a multi-level system of parenting support. Clinical psychology review, 34(4), 337-357.

Smetana, J. G., Campione-Barr, N., & Metzger, A. (2006). Adolescent development in interpersonal and societal contexts. Annu. Rev. Psychol., 57, 255-284.

Supriatna, E., & Alawiyah, T. (2019). Seminar positive parenting program (tripe p) pada ibu-ibu dhrama wanita persatuan kabupaten garut. Abdimas Siliwangi, 2(2), 175-182.

Wijaya, Y. D. (2015). Positive Parenting Program (Triple P) sebagai usaha untuk menurunkan pengasuhan disfungsional pada orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus (dengan diagnosa autis dan ADHD). Jurnal Psikologi Esa Unggul, 13(01), 127-248.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i2.5710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.