PENILAIAN KINERJA TUKANG DAN HARAPAN MANDOR DALAM PROYEK KONSTRUKSI

Amri Gunasti

Sari


Dalam industri jasa konstruksi salah satu komponen yang utama sebagai penentu terlaksananya proses konstruksi adalah tukang. Tenaga kerja ini turun langsung sebagai tenaga teknis yang terlibat mulai dari awal sampai akhir proses konstruksi. Sehingga berjalan atau tidaknya proses pelaksanaan konstruksi dilapangan sangat tergantung pada tekad dan semangat serta keahlian dari para tukang. Dalam penelitian  ini  dilakukan  dengan menggunakan  uji  z. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji beda (uji z) hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak pada semua indikator penilaian, artinya terdapat perbedaan yang sangat nyata antara persepsi Mandor dan kinerja, hal ini terbukti dari nilai z hitung lebih besar dari pada z tabel 1% semuanya datas 2,570 yaitu antara 3,369 sampai dengan -17,428. Hasil ini mengindikasikan  secara statistik bahwa Kinerja Tukang belum memenuhi harapan Mandor.

Kata Kunci : Mandor, Tukang, Kinerja, Harapan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abriyani Sulistyawan, “Pengaruh Kinerja Tim Proyek Terhadap Keberhasilan Proyek”. Semarang: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Program Doktor Teknik Sipil Universitas Diponegoro Semarang.

Agripa Fernando Tarigan, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dalam Organisasi Sektor Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Tengah Satu)”. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Amri Gunasti, 2014. “Diktat Manajemen Konstruksi”. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Dani Agung Wicaksono, “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Teoritis)”. Banyuwangi: Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

Khusnul Prianto, 2012. “Pengaruh Kompetensi Manajer Proyek Terhadap Keberhasilan Proyek Pada Perusahaan Kontraktor Di Kabupaten Malang”. Malang: Media Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Malang.

Gde Sukaratha, DKK. 2008. “Analisis Kinerja Mandor Dalam Menerapkan Manajemen Kualitas Pada Proyek Pembangunan Nusa Dua Golf Resort Kawasan BTDC-Nusa Dua Bali”. Bali: Universitas Udayana Bali.

Berry, Leonard L, 1983; “Relationship Marketing”: in Emerging Persfective on Services Marketing, American Marketing Association, 25-28.

Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.

Egan, John., 2001, Relationship Marketing: Exploring Relationship Strategies in Marketing, 1st ed, Pearson Education Limited, England.

Ghony, 2012, Metode Penelitian Kualitatif, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Gunastri, N.M (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi, motivasi kerja dan kinerja karyawan. Forum manajemen 7 (1).

Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.

Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Ilyas.Y, 2001. Kinerja Teori Penilaian & Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM UI,Depok.

Karjadi.M, 1981. Kepemimpinan (Leadership). PT Karya Nusantara, Bandung.

Karsidi, Ravik. 2001. Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Lulusan Fkip. Makalah : Disampaikan dalam Seminar Nasional dan Temu Alumni FKIP – Universitas Sebelas Maret. Surakarta, 10 Februari 2001.

Lim.Y, 2000. Metode Sukses Pribadi Dalam Studi, Karier & Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Malayu.SP, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara. AP, 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung.

Saillah.I. 2013. Buku panduan sistem pusat karir. Jakarta: Kemendikbud.Dikti. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Subiyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan kerja pengurus yang dimediasi oleh motivasi kerja ( studi pada pengurus KUD dikabupaten Sleman). Jurnal manajemen dan kewirausahaan 11. (1).

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwanto. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran.: Andi Yogyakarta . www.womma.com ”word of mouth marketing”.

Tjiptono, F. 2008. Service Management, Mewujudkan Layanan Prima Edisi II, Andi, Yogyakarta.

Wikipedia. 2011. Faktor-faktor dalam Motivasi Kerja. Jakarta: Media Wiki.

Wirakartakusumah, 1998. Pengertian Mutu Dalam Pendidikan, Lokakarya MMT IPB, Kampus Dermaga Bogor, 2-6 Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.