PENGEMBANHAN WEBSITE PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) MENGGUNAKAN JOOMLA

Adhitya Surya Manggala

Sari


Dalam suatu instansi pemerintah berbagai macam kegiatan operasional dilakukan dan memerlukan sistem yang dapat membantu dalam bekerja, terutama pada sistem informasi untuk melayani publik. Dengan adanya sistem informasi yang memadai pada suatu instansi kepada publik, akan membuat pelayanan yang ada di instansi tersebut dapat lebih baik. Akan tetapi dalam kenyataannya, ada sebagian instansi pemerintah baik swasta memberikan pelayanan yang kurang baik terhadap publik. Karena informasi yang diberikan kurang dipahami dan dimengerti oleh publik. Model dan Prosedur pengembangan website kolaboratif ini mengikuti prosedur pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapan dari ADDIE : Requirement analysis/Need assessment, Desig, Development, Impelementation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan responden. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel uji coba diambil dari mahasiswa Teknik Sipil. Hasil validasi sumber belajar dari ahli media menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar   dengan persentase 84%, ahli materi menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 87,5%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 85,5% dan uji coba lapangan menyatakan tingkat kelayakan sebagai sumber belajar  dengan persentase 85,7%. Pembuatan Website menggunakan CMS Joomla.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiani, Iqlima Vicky.Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Kelurahan Kalibanteng Kulon Semarang Berbasis Web. Program Studi Sistem Informasi – S1 , Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro.

Aris Rakhmadi, Eko Listiyanto. Perancangan Libraryums‐CMS Menggunakan Codeigniter. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

G.W. Wardhana1, N. Suharsono2, I.M. Tegeh3 Pengembangan Media Website Student Community Mata Pelajaran Jaringan Komputer Pada Program Studi Teknik Komputer Dan Jaringan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja, Indonesia.

Ginting, Elizaandayani. Aplikasi Penjualan Berbasis Web E-Commerce Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Universitas Widyatama. Bandung.

Rochmah, Affriantari . Perancangan Fitur Rekomendasi Film Di Website Solo Movie Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.