Pengaruh Viral Marketing, Online Marketing, Dan Store Location Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada UMKM Arsa Holtikultura Desa Karangsono)

Risa Holwati, Trias Setyowati, Tatit Diansari Reskiputri

Abstract


Arsa Holtikultura salah satu usaha di Jember yang memanfaatkan facebook dan whatsapp sebagai sarana untuk melakukan pemasarannya. Saat ini akun  facebook Arsa Holtikultura yang memiliki jumlah pertemanan sebanyak 3.982, selain itu pada setiap postingan mengalami peningkatan jumlah like setiap tahunnya dan jumlah tayangan pada konten siaran langsung. Dampak yang dirasakan saat melakukan promosi di facebook Arsa Holtikultura mengalami peningkatan penjualan pada tahun 2018 sampai tahun 2019. Namun ketika melakukan transaksi secara online konsumen nya selalu menanyakan lokasi yang nantinya akan dijadikan pertimbangan biaya ongkos kirim dan estimasi waktu pegiriman produk dalam menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untk menguji dan menganalisis pengaruh dari viral marketing, online marketing dan store location terhadap keputusan pembelian pada Arsa Holtikultura Desa Karangsono. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang pernah membeli produk pada Arsa Holtikultura. Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS didapatkan hasil bahwa viral marketing, online marketing dan store location berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Arsa Holtikultura Desa Karangsono.


Keywords


Viral Marketing; Online Marketing; Store Location; dan Keputusan Pembelian

References


Augusty, Ferdinand (2013). Metode penelitian Manajemen; pedoman penelitianuntuk skripsi, tesis dan disertasi ilmu Manajemen semarang: Universitas Diponegoro.

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79. Https://Doi.Org/10.33603/Jibm.V4i1.3311.

Haque, M. T., & Samboro, J. (2019).Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Joni Batu.Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 129–133.

Kotler, P. dan Amstrong G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Bisma, 11(1), 62.

Rahmi,& Yogia. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Valuta, 1(1), 149–172.

Siti Nur Nahya, N.Rachma, A. R. S. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen DRK Cafe Bondowoso). Universitas Islam Malang, 8(11), 1–16.

Sp, W., Tresna, D., & Nurlela, S. (2013). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT “X.” Proceeding Seminar Nasional Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt “X,”1(Viral Marketing), 9. Www.Internetworldstats.Com.

Tendean, M. R., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2020).M .R .Tendean ., L . Mananeke ., F . Roring Pengaruh Viral Marketing , Store Location Dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian Di Mcdonald ’ S Manado The Effect Of Viral Marketing , Store Location And Food Quality On Purchase Decisions In Mcdonal. 8(1), 146–155.

Tumbuan, W. J. F. A., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019).Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2721–2730.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i2.5295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.