Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Haddad, H. A., & Al-Muhdlor, A. Y. (2018). Risalah Al-Mu’awanah. Surabaya: Cahaya Ilmu.
Al-Muhdhor, Y. A. (2010). Mengenal lebih dekat al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad: kisah hidup, tutur kata dan tarekatnya. Surabaya: Cahaya Ilmu.
Arif, M. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Akhlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(2), 401–413.
Avinesa, A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Habib Abdullah Bin Alwi Al-Haddad. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–21.
Awaliyah, T., & Nurzaman, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.152
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64–78.
Bakker, A., & Zubair, A. C. (2020). Metodologi Penelitian FIlsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Devy, Habibi Muhammad dan Agustiarini, E. D. (2020). Implementation Of Children’s Special Needs For Religiusity In Specific Training And Development Parks Abk. Halaqa, 4(2), 89–96. https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i2.544
Devy, H. M. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas Dalam Pendidikan Agama Islam Di Erarevolusi Industri 4.0. Jurnal Edumaspul, 4(2), 122–131.
Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Herawati, E. (2020). Pendidikan Ibadah Akhlak Melalui Qiro’Ah Kitab Turats Dengan Metode Klasik Dan I’Rab. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 59–76. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.312
Hidayati, N. (2019). Signifikansi Pemikiran Sayyid Abdullah Bin Alwi Al-Haddad Dalam Kitab Risalah Al-Muawanah Tentang Pendidikan Akhlak. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–100. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.53
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Ilyas, M. A. (2018). Ajaran Syeikh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan Akhlak Anak. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 113. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.659
Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.
Kanji, H. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. 6(1), 149–162.
Khosiah, N. (2019). Pelaksanaan pendidikan karakter di m.i. Miftahul ulum tambakrejo tongas probolinggo. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 17(1).
Khosiah, N. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Yang Islami Di Raudlotul Atfal. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 9–20.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhidin, I., & Syafri, U. A. (2016). Metode Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-Mufrad Karya Imam Bukhari. Misykat Al-Anwar, 1(2), 182–192.
Prasetiya, benny A. D. S. H. (2019). Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan dan Kosntribusinya Terhadap Pencegahan Perilaku Menyimpang. Shautut Tarbiyah, 25(2), 221–238.
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazāl. INTIQAD: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(02), 249–267.
Prasetiya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015
Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396–414.
Setiawan, A. (2019). Guru Berkarakter di Era Milenial (Perspektif Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddah). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 3(2), 311–328. https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.181
Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252
Sidiq, M. A. H. (2017). Telaah Pemikiran Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Risalatul Mu’awanah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 220–232.
Taufik, M. (2020). Strategic Role of Islamic Religious Education in Strengthening Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(1), 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Syamsi Harimulyo, Benny Prasetiya, Devy Habibi Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats