Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya

Muhammad Syamsi Harimulyo, Benny Prasetiya, Devy Habibi Muhammad

Abstract


Pendidikan akhlak merupakan upaya sadar yang bertujuan untuk menanamkan rasa percaya diri dalam hati untuk mencapai perilaku terarah yang baik dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Merosotnya nilai moral atau moral degeneration yang sudah banyak terjadi pada zaman ini, salah satu penyebabnya adalah keyakinan atau iman yang lemah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai pendidikan akhlak dalam kitab Risalatul Mu’awanah. (2) mengetahui Relevansi kitab Risalatul Mu’awanah terhadap pendidikan terutama anak didik pada saat ini. Untuk mencapai tujuan di atas, maka digunakanlah metode kepustakaan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan melalui metode pencatatan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, serta berusaha menganalisis dan menjelaskan data. Hasil penelitian tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Risalatul Mu’awanah dan Relevansinya antara lain (1) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terdapat pada Kitab Risalatul Mu’awanah di golongkan menjadi dua kategori yakni Nilai Ilahiyah dan Nilai Insaniyah (2) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang ada pada kitab Risalatul Mu’awanah karangan Al-Habib Abdullah Al-Haddad dapat dilaksanakan oleh anak didik dengan pelaksanaan-pelaksanaan berbagai bahasan seperti cinta kepada Allah SWT, rela atau ridho dengan ketentuan atau Taqdir Allah, memperkuat keimanan atau keyakinan pada diri, memperbaiki atau meluruskan niat, mengisi waktu dengan melaksanakan berbagai hal yang bermanfaat, akhlak atau adab dalam Melakukan kegiatan sehari-hari, menjaga tulusnya hati, selalu kembali atau bertaubat pada Allah swt, bersikap shabar, menjaga kebersihan lahiriyah maupun bathiniyah, berbakti kepada kedua orang tua, berbicara baik dengan sesama, Amar ma’ruf dan nahi munkar, menghindari candaan yang berlebihan, memuliakan atau ta’dhim pada guru, saling tolong menolong, bersikap ramah kepada sesama dan menjaga silaturrahmi terhadap kerabat dan tetangga, Pendidikan agar selalu memiliki sifat simpati kepada orang lain.

Keywords


Kitab Risalatul Mu’awanah, Pendidikan Akhlak

References


Al-Haddad, H. A., & Al-Muhdlor, A. Y. (2018). Risalah Al-Mu’awanah. Surabaya: Cahaya Ilmu.

Al-Muhdhor, Y. A. (2010). Mengenal lebih dekat al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad: kisah hidup, tutur kata dan tarekatnya. Surabaya: Cahaya Ilmu.

Arif, M. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Kitab Akhlakul Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(2), 401–413.

Avinesa, A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Habib Abdullah Bin Alwi Al-Haddad. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–21.

Awaliyah, T., & Nurzaman, N. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sa’id Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 23–38. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.152

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64–78.

Bakker, A., & Zubair, A. C. (2020). Metodologi Penelitian FIlsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Devy, Habibi Muhammad dan Agustiarini, E. D. (2020). Implementation Of Children’s Special Needs For Religiusity In Specific Training And Development Parks Abk. Halaqa, 4(2), 89–96. https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i2.544

Devy, H. M. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas Dalam Pendidikan Agama Islam Di Erarevolusi Industri 4.0. Jurnal Edumaspul, 4(2), 122–131.

Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Herawati, E. (2020). Pendidikan Ibadah Akhlak Melalui Qiro’Ah Kitab Turats Dengan Metode Klasik Dan I’Rab. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 59–76. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.312

Hidayati, N. (2019). Signifikansi Pemikiran Sayyid Abdullah Bin Alwi Al-Haddad Dalam Kitab Risalah Al-Muawanah Tentang Pendidikan Akhlak. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–100. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.53

Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316

Ilyas, M. A. (2018). Ajaran Syeikh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan Akhlak Anak. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 113. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i2.659

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Kanji, H. (2021). The Integration Model of the Development of Student Religious Character Education Based on Integrative Morals in Higher Education. 6(1), 149–162.

Khosiah, N. (2019). Pelaksanaan pendidikan karakter di m.i. Miftahul ulum tambakrejo tongas probolinggo. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 17(1).

Khosiah, N. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Yang Islami Di Raudlotul Atfal. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 9–20.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhidin, I., & Syafri, U. A. (2016). Metode Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-Mufrad Karya Imam Bukhari. Misykat Al-Anwar, 1(2), 182–192.

Prasetiya, benny A. D. S. H. (2019). Bimbingan Orang Tua, Kedisiplinan dan Kosntribusinya Terhadap Pencegahan Perilaku Menyimpang. Shautut Tarbiyah, 25(2), 221–238.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazāl. INTIQAD: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(02), 249–267.

Prasetiya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396–414.

Setiawan, A. (2019). Guru Berkarakter di Era Milenial (Perspektif Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddah). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 3(2), 311–328. https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.181

Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Kependidikan, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252

Sidiq, M. A. H. (2017). Telaah Pemikiran Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Risalatul Mu’awanah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 220–232.

Taufik, M. (2020). Strategic Role of Islamic Religious Education in Strengthening Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(1), 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.