Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online

Nur Khosiah, Ari Susandi, Agustiarini Eka Dheasari

Abstract


Di Era Globalisasi saat ini kerjasama Orang Tua dan Guru dalam pendidikan sangatlah amat penting agar siswa-siswi kita lebih terarah pola berfikirnya dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal baru seperi HP, laptob, televisi, internet dan lain sebagainya yang mana didalamnya ada yang sesuai dengan adat ketimuran kita dan ada tidak sesuai dengan adat ketimuran bangsa kita tercinta yaitu bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kerjasama Orang Tua dan Guru dalam membangun kreativitas siswa kelas 4 MI.Miftahul Ulum Tongas-Probolinggo melalui pembelajaran online. Metode dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi.Adapun analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama orang tua dan guru kelas 4 di MI.Miftahul Ulum Tambakrejo-Tongas-Probolinggo dalam membangun kreatifitas siswa yaitu dengan selalu berkomunikasi melalui HP (telp, wa, sms, videocall), saling mengadakan kunjungan kerumah wali murid dan sebaliknya, mengadakan rapat seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk mengevaluasi proses kerjasama yang di lakukan, saling memberikan semangat antara guru kelas 4 dan wali murid.


Keywords


Kerjasama Orang Tua dan Guru, Kreativitas siswa, Pembelajaran Online

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Ayubi, S. Al. (2020). Konsep Perkuliahan Daring Google Classroom. 13(2), 106–131.

Departemen agama R.I, 1996. Pedoman kegiatan Belajar dan mengajar. Depag. Jakarta.hal 2

Daradjat, zakiyah.2000. Ilmu Pendidikan bIslam.Aksara .Jakarta.hal.76

Issa, J. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Permenkes Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit, 8(5), 55.

Issa, J. (2020). No TitleΕΛΕΝΗ. Handbook of Medical Image Computing and Computer Assisted Intervention, 8(5), 55

Mumu, M., Majid, a, & Rohyana, A. (2019). Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di Smp Negeri Kota Tasikmalaya. Jurnal METAEDUKASI, 1(1), 37–51.

Meria, Aziza, ‘Model Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat’, 11.2 (2015), 355–80

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi Quiziz pada masa pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.

Suardana, I. M. (2020). AJARAN CATUR GURU. 20(20), 85–91.

Sujadi, S. A. W. dan A. A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 51–63. https://doi.org/10.30738/sosio.v1i1.518

Khoirrosyid Oktifuadi, ‘No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2018), 1689–99 .

Thomas Gordon.1984. Menjadi Orang Tua Efektif. Jakarta. PT Gramedia hal 13




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.