Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi )

Fauziyah Mujayyanah, Benny Prasetiya, Nur Khosiah

Abstract


Dampak negative dari era globalisasi yaitu perubahan yang mengarah pada krisisnya akhlak manusia. Dengan demikian, dapat menimbulkan beberapa permasalahan kompleks terkait teknologi dan informasi yang dialami oleh manusia. Beberapa permasalahan kompleks tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pendidik, baik dalam pendidikan formal maupun dalam pendidikan informal. Sebenarnya islam telah memiliki konsep tersendiri dalam mendidikan anak, namun karena perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat pendidik kurang memperhatikan dalam mendidik anak khususnya mendidik akhlak seorang anak. Konsep pendidikan akhlak yang dianjurkan oleh syari’at Islam terdapat dalam Alqur’an surah Luqman ayat 12-19. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui siapakah Luqmanul Hakim dalam Alqur’an; 2) Untuk mengetahui pesan Luqmanul Hakim tentang pendidikan akhlak menurut penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah dan Mustafa Al-Maraghi dalam tafsir Al-Maraghi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang merupakan sumber data utama yang berkaitan langsung dengan objek riset meliputi: QS Luqman ayat 12-19 beserta terjemahnya, tafsir Al Misbah dan tafsir Al Maraghi kemudian sumber data sekunder yang meliputi: jurnal, hadits, serta buku-buku yang mendukung dan melengkapi data-data primer. Adapun analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Luqmanul Hakim merupakan hamba Allah yang mulia dan terpilih sebagai contoh teladan dalam mendidik anak; 2) agar dalam mendidik anak hendaknya didasari dengan kasih sayang yang penuh terhadap anaknya dengan memberikan nasihat-nasihat berupa akidah, tauhid, dan muamalah. Dimana nasihat-nasihat tersebut yang akan mengantarkan anaknya menjadi generasi muda yang mulia, berilmu, berbangsa dan bernegara dengan akhlak yang mulia pula.

Keywords


Pendidikan Akhlak, Luqmanul Hakim

References


Aida, M. (2019). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19: Kajian Tafsir Al-Mishbah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 05(01), 70–84.

Arif, F. , & Agus, M. (2005). Studi Tokoh : Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ayu, S. (2015). Tafsir Surat Luqman Ayat 12-19 Tentang Pendidikan Anak Menurut Muhammad Quraish Shihab Dan Mahmud Yunus (Studi Komparasi).

Budi, P. (2018). Konsep Pendidikan Akhlaq Pada Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Jalalain Dan Al- Maraghiserta Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Santri.

Eka, P. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab. Tadbir :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.

Emilya, U. (2017). Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Al-Quran (Analisis Kandungan Q.S. Ibrahim Ayat 35-41, Q.S. Luqman Ayat 12-19, dan Q.S. Ash-Shaaffat Ayat 100-113).

Halimah, T. D. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 12-19 Studi Tafsir Al-Misbah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ilham, Y. (2017). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 13-19 (Studi Perbandingan Antara Tafsir Al-Qurthubi Dan Al-Misbah).

Khosiah, N. (2019). Pelaksanaan pendidikan karakter di m.i. Miftahul ulum tambakrejo tongas probolinggo Nur. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1).

Naimah, C., & Hidayah, U. (2017). Reorientasi Pendidikan Islam untuk Harmonisasi Sosial: Hidden Curriculum sebagai Sebuah Tawaran. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Seri 2), 726–732. Retrieved from http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/73

Nur, A. (2018). Pendidikan Anak Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9950(December), 249–267.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan Nilai Ketauhidan Dalam Praksis Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1–15.

Prasetiya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015

Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396–414.

Siti, N. (2016). Materi Pendidikan Agama Islam dalam Tafsir Al-Misbah (Surat Luqman Ayat 12-19).

Suci, F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an (Kajian Surat Luqman Ayat 13-19 dalam Tafsir Al-Misbah).

Susandi, A. (2020). Pendidikan Life Skills Dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Sekolah Dasar. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 95–111. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3867

Syaefulloh. (2016). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Persefektif Al-Quran Surat Al-Luqman Ayat 12-19. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 4(2), 178–238.

Syahrul, M. (2016a). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim (Kajian Tafsir Al Maragi dan Tafsir FI Zilalil Quran).

Syahrul, M. (2016b). Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim (Melalui Kajian Tafsir Al Maragī dan Tafsir FĪ Ẓilalil Quran).

Ulil, Hidayah, Benny, P. (2019). Multicultural Education In Madrasah Diniyah As Prevention Of Religious Conservatism. Jurnal Tarbiyah, 26(1), 168–184. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.