Analisis Service Quality, Kelengkapan Fasilitas Dan Experience Terhadap Customer Loyalty Destinasi Wisata Puncak Rembangan Jember

Sandi Pratama, Feti Fatimah, Jekti Rahayu

Abstract


Pariwisata adalah kegiatan rekreasi yang bertujuan untuk melepaskan diri dari pekerjaan sehari-hari atau mencari suasana lain. Sebagai sebuah kegiatan, pariwisata telah menjadi bagian penting dari kebutuhan dasar masyarakat maju dan sebagian kecil masyarakat berkembang. Untuk mengembangkan suatu objek wisata tentu harus ditunjang oleh pendekatan (service Quality) kualitas layanan,kelengkapan fasilitas,dan juga experience. dalam penelitian ini yang berjudul “Analisis Service Quality,Kelengkapan Fasilitas Dan Experience Terhadap Customer Loyalty Destinasi Wisata Puncak Rembangan Jember” bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari service quality, kelengkapan fasilitas, experience terhadap customer loyalty wisata puncak rembangan. populasi didalam penelitian ini adalah wisatawan pada objek puncak rembangan dengan jumlah sampel yaitu 254 wisatawan. Penelitian dilaksankan secara kualitatif deskriptif, Hal tersebut didukung dengan penggunaan teknik wawancara, observasi dan data temuan dokumen. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi lier berganda, melalui pengujian statistik, hasil penelitian ini dapat secara jelas melihat bahwa beberapa variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Pengaruh ketiga variabel independen tersebut positif yang artinya akan semakin baik Service Quality, Kelengkapan Fasilitas , dan Experience yang diberikan kepada seorang pelanggan maka akan semakin meningkat juga Loyalitas pelanggan pada wisata puncak rembangan Jember. 


Keywords


Service Quality; Completeness of Facilities; Experience and Customer Loyalty

References


Azhari, M. I. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan KFC Kawi Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1),1–6.

Eka Wardhana, R. (2016). Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 1–9.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiyati, E. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang). Jurnal Manajemen Universitas Jambi, 2(2)(Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang)), Jurnal Manajemen81–90.https://online journal.unja.ac.id/pemasaran3

Jekti Rahayu (2016/10/11) Analisis Dampak Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen(Studi Pada Konsumen PT. Rahayu Citra Mandiri Jember) Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper. 2016.

Jimanto, R. B., Yohanes, D., Kunto, S., & Si, S. (2014). Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Ritel Bioskop the Premiere Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–7.

Kotler “Manajemen Pemasaran” jilid 1edisi ke 12 PT indek

Listyawati, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata, Citra Destinasi, dan Kepusan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Manajemen Administrasi,VI(2),35–44.

Sofyan, I., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. (2013). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Star Clean Car Wash Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 187999.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sunyoto, Danang. 2012. Validitas dan Reliabilitas. Nuha Medika, Yogyakarta. Jason Harjanto

Tjiptono,F .2010. Service Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang RI No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan dan Pembangunan Kepariwisataan.

Winata, A., & Fiqr, I. A. (2017). Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar. Jurnal Manajemen Magister, 03(02), 133–149.

Zulfahmi, Fatimah, F., & Gunawan, Y. (2018). Service Quality, Perceived Value, Trust, Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(Mei), 61–69.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i2.5244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.