Pengaruh Pendidikan Kesehatan Hipertensi Dan Senam Hipertensi Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia di Desa Jenggawah dan Ajung Kabupaten Jember

Cahya Tribagus Hidayat

Abstract


Masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia umumnya adalah penurunan fungsi organ yang memicu terjadinya berbagai penyakit degeneratif termasuk hipertensi. Secara nonfarmakologis tatalaksana hipertensi adalah pemberian pendidikan kesehatan dan  olahraga. Pendidikan kesehatan bertujuan untuk menambah wawasan lansia tentang hipertensi. Sedangkan olahraga yang dianjurkan untuk pasien hipertensi adalah olahraga yang dilakukan secara khusus untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experiment design one group and pretest –posttest bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dan senam hipertensi terhadap tekanan darah Lansia di Desa Jenggawah dan Ajung. Data dianalisis secara univariat dan bivariat (Wilcoxon). Hasil analisis pada pendidikan kesehatan didapatkan nilai 0.008 < α 0.05 yang artinya ada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku lansia setelah diberikan penyuluhan tentang hipertensi pada lansia di wilayah Desa Jenggawah dan Ajung. Hasil analisis pada senam hipertensi didapatkan nilai pre-test-post-test yaitu 0,008 < α 0.05 yang artinya terdapat pengaruh senam hipertensi terhadap penurunan tekanan darah lansia yang mengalami hipertensi di wilayah Desa Jenggawah dan Ajung. Saran bagi lansia penderita hipertensi dapat melakukan senam hipertensi secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu dengan rentang waktu ± 5 menit guna menurunkan tekanan darah tinggi.


Keywords


Pendidikan Kesehatan Hipertensi, Senam Hipertensi, Lansia

Full Text:

PDF

References


Haefa, Z., Hamdana, & Amirullah. (2019). Senam Hipertensi Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Bontonyeleng. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, 4(2), 57–68.

Hernawan, T., & Rosyid, F. N. (2017). Pengaruh Senam Hipertensi Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Wreda Darma Bhakti Kelurahan Pajang Surakarta. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, Vol. 10 No. 1, 26-31

Maryam, R. S., & dkk. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Smellzer, S. C. (2012). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner &Suddart. Jakarta: EGC.

Sumartini, N. P., Zulkifli, Z., & Adhitya, M. A. P. (2019). Pengaruh Senam Hipertensi Lansia Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Cakranegara Kelurahan Turida Tahun 2019. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(2), 47.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.