Pengaruh Digital Marketing Mobile Application Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek

Aulia Millatina Lisani, Indrawati Indrawati

Abstract


Dari perkembangan teknologi serta di dukung oleh gaya hidup masyarakat sehingga dapat mempengaruhi kecepatan dalam penyebaran suatu informasi melalui media sosial dan dimanfaatkan sebagai media baru dalam memasarkan suatu produk atau disebut pemasaran digital (digital marketing). Digital marketing dapat digunakan sebagai sarana untuk menginformasikan atau memberikan edukasi kepada konsumen terhadap suatu produk atau merek sehingga konsumen menjadikan konsumen lebih loyal terhadap merek atau produk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Digital Marketing Mobile Application terhadap Loyalitas Pelanggan pada layanan yang dimiliki oleh Gojek secara simultan ataupun parsial. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Variabel-variabel yang dianalisis adalah interactive, incentive programs, site design dan transaction/cost sebagai variabel independen, dan loyalitas oelanggan sebagai variabel dependen. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner secara online melalui googleform dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan kuesioner (Skala Likert) dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan melalui model analisis Structural Equation Modellung (SEM) yang di olah dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0.


Keywords


internet; digital marketing; loyalitas pelanggan; aplikasi

Full Text:

PDF

References


Hamdani, L. A. (2019). Gojek Rebranding dan Kalahkan Grab Soal Pengguna Aktif Bulanan. Tek.id. https:// www.tek.id/tek/gojek-rebranding-dan-kalahkan-grab- soal-pengguna-aktif-bulanan-b1Xj29eZz.

Togodly, E. T. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jaya Wijaya. Media Neliti.

Miller, M. (2018). B2B Digital Marketing. Indianapolis, Indiana: Que.

Imasari, K., & Kurniawati, K. (2011). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT BCA TBK. Fokus Ekonomi, 183-192.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi. Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Aditama.

Abdillah, W. H. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.