Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat Pandemi Covid 19

Feti Fatimah, Wenny Murtalining Tyas

Abstract


UMKM Rumah Makan banyak berdiri di sekitar kampus Kabupaten Jember. Hal ini menandakan bahwa UMKM memiliki potensi pasar yang baik dan terus berkembang terutama di daerah kampus. Karena gaya hidup masyarakat dan siswa yang lebih memilih untuk membeli daripada memasak sendiri dan makanan sebagai kebutuhan dasar, gaya hidup, identitas dan rekreasi. Namun, dengan banyaknya UMKM rumah makan yang baru, ini sebagai bukti adanya persaingan ketat. Jadi perlu untuk diperiksa tentang bagaimana strategi bersaing di UMKM untuk bertahan hidup dan berkembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT dengan menggunakan kekuatan, kelemahan, potensi, dan ancaman UMKM tersebut. Kemudian dari kekuatan, kelemahan, potensi dan ancaman tersebut diolah menjadi strategi bersaing agar tetap bertahan dan berkembang. Dari hasil penelitian, UMKM harus dapat menggunakan kekuatan dan potensinya dengan sebaik mungkin, sehingga UMKM harus mengenal dengan baik dirinya sendiri. Selain itu, UMKM harus dapat menjadikan kelemahannya sebagai kekuatannya serta menjadikan ancaman yang dihadapi sebagai potensi yang dimilikinya.  


Keywords


strategi; bersaing; UMKM; rumah makan; SWOT

References


Anugrah, Intan Widya & Suhaeni, Tintin. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Stratejik Terhadap Strategi Bersaing UKM Café dan Restoran. Jurnal Riset Bisnis & Investasi Vol. 3, No. 3, Desember 2017. Bandung.

Azhari, Fadilla & Mawardi, Muhammad Kholid. 2018. Peran Modal Sosial Dalam Pengembangan Jaringan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Rumah Makan Padang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 59 No. 1 Juni 2018. Malang.

Bismala, Lila. 2016. Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship. Vol. 5. No. 1. Surabaya.

Dewi, Septiana Novita & Nuzuli, Taupiq. 2017. Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Ukm Rumah Makan Di Kabupaten Sragen). Jurnal Bidang Ilmu Ekonomi Vol. 12 NO 2 (2017): HAL. 140-152. Ponorogo.

Djodjobo, Cynthia Vanessa & Tawas, Hendra N. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1214-1224. Manado.

Fatimah, F. 2018. Strategi Kreatif UMKM Kerajinan Tangan Di Era Digital Pada Wilayah Kabupaten Jember Jurnal Unmuh ember Prosiding Ekonomi Kreatif di Era Digital Vol 1, No 1. Jember.

Hatta, Iha Haryani. 2014. Analisis Pengaruh Inovasi, Pengambilan Resiko, Otonomi, Dan Reaksi Proaktif Terhadap Kapabilitas Pemasaran UKM Kuliner Daerah Di Jabodetabek. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014. Hal. 90-96. Surabaya.

Hunger J, David dan Wheelen L, Thomas. 2001. Manajer Strategis. Andi. Yogyakarta.

Kalangi, Maggie Margareth. 2017. Orientasi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Bisnis (Studi Pada UMKM Rumah Makan Di Kota Tomohon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 5 ,No.1, 2017: 1-18. Manado.

Latifiana, Dwi & Pardede, Nelson. 2013. Penerapan Analisis Strategi Umkm-Rumah Makan Masakan Padang “EPG” Di Solo Raya. Gaung Informatika.Volume 9. Nomor 3. Oktober 2016. ISSN: 2086-4221. Surakarta.

Ling, Ay. 2013. Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA Vol. 1, No. 1. Surabaya.

Noor, Laili Savitri, dkk. 2018. Inovasi Umkm Boga Tradisional dalam Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Riset Bisnis Vol 2 (1) (Oktober 2018) hal: 70-83. Jakarta.

Rivai, Abdul & Prawironegoro, Darsono. 2014. Manajemen Strategis. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Setyawati & Abrilia, Harini. 2013. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Jurnal Fokus Bisnis, Volume 12, No 02, bulan Desember 2013. Kebumen.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.