Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan

Maisyarah Purnama Sari, Ridwan Ridwan

Abstract


Fasilitas pendukung pembelajaran di SMP Negeri 5 Panyabungan sudah memadai untuk proses pembelajaran peserta didik, namun inovasi belum maksimal yang memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan dan kelayakan multimedia interaktif menggunakan aplikasi ispring suite 9 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA dalam bentuk pembelajaran menggunakan perangkat komputer ataupun laptop yang dapat dioperasionalkan secara offline. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, peserta didik dan guru digunakan sebagai data penelitian dan dianalisis dengan deskriptif persentase. Berdasarkan penelitian ini diperoleh produk dengan penilaian ahli materi sebesar 96%, ahli media sebesar 88%, ahli bahasa sebesar 82,5%, tanggapan peserta didik sebesar 90%; dan tanggapan guru sebesar 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan aplikasi ispring suite 9 pada mata pelajaran IPA layak digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik kelas IX SMP.


Keywords


multimedia interaktif; ispring suite 9; pembelajaran ipa

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2005). Permendikbud No. 19 Tahun 2005 pada bab 4 tentang Standar Nasional Pendidikan mengenai standar proses. Jakarta: Kemendikbud. Diunduh tangal 2 September 2019.

Kemendikbud. (2006). Permendikbud No. 22 Tahun 2006 Tentang Pembelajaran IPS SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud. Diunduh tangal 2 September 2019.

Smaldino, S., Lowther, D. L., & Rusell, J. D. (2014). Instructional Technology and Media For Learning (Edisi Sepuluh ed.). New York: Macmillan Publishing Company.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development /R&D) untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-undang Negara Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh tangal 2 September 2019.

Yusuf Hadi Miarso (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.