Upaya Pemberdayaan Peran Pemuda Karang Taruna Tunas Bakti Dalam Membentuk Serta Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

A Zahid, M. Bagus Ridlo Hidayatullah, Azkiyatul Afia Amealinda, Afif Nur Rokhmah, Binti Nurrohman

Abstract


Konflik antar masyarakat menjadi salahsatu perhatian seluruh dunia karena memiliki potensi untuk memecah belah kesatuan negara. Indonesia sendiri sudah sejak lama di kenal sebagai masyarakat yang beragam, keragaman indonesia tidak saja tercermin dari banyaknya pulau yang disatukan dibawah kekuasaan negara melainkan juga keragaman beragama, tak jarang perbedaan itu sering mempengaruhi sistem nilai pandang hidup dan prilaku sosial masyarakat sehingga cenderung menimbulkan konflik. Penelitian ini dikaji menggunakan teori embededdnes dari Granovetter, teori keterlekatan (embededdnes) di gunakan pada beberapa bidang didalamnya yang memiliki keterlekatan antara dua kubu. Pada fokus penelitian ini peneliti menggunakan metode CBR (Community Based Research ) salah satu metode penelitian menggunakan pendekatan berbasis komunitas dengan konsekuensi paradigmatic yang bertumpu pada partisipasi aktif komunitas, penelitian ini dilakukan di Dusun Sumberjo, Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Hasil dari penelitian ini ialah untuk mengatasi potensi konflik yang terjadi di butuhkan keterlekatan sosial terhadap masyarakat tersebut, Karangtaruna Tunas Bakti menjadi agen penting setelah masyarakat multi agama, peran sentral pemuda disini sangat di perlukan untuk menjaga kerukunan desa tersebut dengan menambah fungsi pemuda karang taruna yang awalnya hanya berfungsi sebagai tempat pemberdayaan pemuda menjadi pemberdayaan pemuda dan masyarakat multi agama dengan bentuk kegiatan rutin yang melibatkan tokoh Agama sehingga hal ini mampu mendorong dan meminimalisir potensi konflik yang terjadi.


Keywords


masyarakat multi agama; konflik; karangtaruna

References


Blikololong, Jacobus Belida, “Evolusi Konsep Embeddedness Dalam Sosiologi Ekonomi (Sebuah Review)”, Ug Jurnal, Volume 6 Nomor 12 (2012).

Edwin, Gamar. Studi tentang Pembentukan Desa Setulang Sebagai Desa Wisata di Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau. E-Journal Pemerintahan Integratif. Vol. 3 No. 1(2015).

Hanafi, Mohammad, 2015, Community Based Research,

Jamludin, Dr. Adon Nasrullah, M.Ag, 2015. Sosiologi Perdesaan, Bandung:CV. Pustaka Setia.

Jannah, Alfin Uhailul Dkk, “Perilaku Masyarakat Multi Agama Dalam Kehidupan Bertetangga Desa Sekaran Kec. Kayen Kidul Kab. Kediri”, Asketik, Volume 2 Nomer 02 (Desember, 2018).

Kahmad, Dr. H. Dadang, 2000. Sosiologi Agama, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Melis, “Keterlekatan Ekonomi Terhadap Kehidupan Social”, Salam, Volume 05 Nomor 01 (2018).

Nuryanti, Wiendu, 1993. Desa Wisata dan Lingkungannya. Jakarta: Gramedia, tahun.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 A Zahid, M. Bagus Ridlo Hidayatullah, Azkiyatul Afia Amealinda, Afif Nur Rokhmah, Binti Nurrohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats