Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android, mengetahui kualitas produk, serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap aplikasi mobile learning berbasis android. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan (R&D), dengan mengikuti tahapan model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahapan utama, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan. dan penyebaran (disseminate). Data diperoleh melalui validasi produk kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, kemudian diuji cobakan kepada pengajar (guru) mata pelajaran biologi serta diuji coba kepada 30 peserta didik kelas X SMA. Berdasarkan penelitian ini diperoleh produk dengan penilaian ahli materi sebesar 93,75%, ahli media sebesar 93,75%, ahli bahasa sebesar 84,38%, tanggapan peserta didik sebesar 88,27%; dan tanggapan guru sebesar 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berdampak positif terhadap pemahaman peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup, dengan nilai N- Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Sehingga aplikasi mobile learning dapat dijadikan sebagai media bantu yang layak bagi peserta didik dan guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, R. D., dan R. Kustijono. 2013. "Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android". Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. Vol 3 No 1, No., hlm.
U.-U. R. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mendiknas. 2006. Vol., No., hlm.
O’Malley, C. 2006. "for learning/ teaching/ tutoring in a mobile environment,MOBILearn". UoN, Vol., No., hlm: 6.
Sadiman, A. S. 2007. "Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya". Vol., No., hlm: 17.
Surahman, E., dan H. D. Surjono. 2017. "Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi Sma Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning". Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. Volume 4, No 1, No., hlm: 13.
Syah, M. 2014. "Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru". Vol., No., hlm: 134.
Thiagarajan, D. S. S; Semmel, dan M. I. Semmel. 1974. "Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children". Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University., Vol., No., hlm.
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ririn Amaliah Putri Sarah, Z Mawardi Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats