MUHAMMADIYAH DALAM PERSPEKTIF DOSEN JASA IKATAN PEMBINA MATA KULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Idris Mahmudi

Abstract


Kemuhammadiyahan adalah ruh bagi terbentuknya Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Oleh karena itu Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini Dosen menjadi ujung tombak untuk tertanamnya ruh tersebut. Data yang peneliti dapatkan dari kepegawaian UNMUH Jember nampak bahwa para Dosen Jasa Ikatan yang mengampu/membina mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang baru direkrut tersebut adalah lulusan S2 Perguruan Tinggi-Perguruan Tinggi Islam, relatif masih muda, namun mayoritas bukan aktivis Muhammadiyah. Beberapa informasi yang peneliti dapatkan diantara mereka menyatakan tidak tahu tentang kemuhammadiyahan namun memiliki rasa ingin tahu tentang apa dan bagaimana Muhammadiyah itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meski mereka baru, bukan aktivis organisasi, dan berangkat bukan dari kultur Muhammadiyah, namun pemahaman mereka tentang Muhammadiyah tidak ada yang salah, masih dalam koridor kaidah dasar organisasi. Meskipun terlalu simplistis dan terkesan reduktif, namun masih dimaklumi dan dikatakan wajar karena upaya memahami dan mendefinisikan sesuatu memanglah sulit apalagi berdasarkan perspektif personal. Dari mereka terlahir ide-ide brilian terkait bagaimana pengembangan Muhammadiyah ke depannya baik di tataran Kampus UNMUH Jember maupun di lingkungan masyarakat. Ide kreatif ini peneliti pandang layak untuk diapresiasi dan diberikan ruang aktualisasi dengan tetap melakukan pemantauan dan pembinaan ruh ideologi oleh tokoh Muhammadiyah maupun pemegang kebijakan di PTM sebagai AUM persyarikatan.

References


Anggaran Dasar Muhammadiyah hasil keputusan Muktamar ke-45 di Malang tahun 2005, dalam buku panduan “PWM Jawa Timur periode 2005-2010”.

AR Fachruddin, Mengenal dan Menjadi Muhammadiyah, UMM Press, 2009. Malang.

----- Buku “Pedoman Pendidikan AIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah”, Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, 2013. Yogyakarta.

Basuki, Singgih. “Pemikiran Keagamaan A. Mukti Ali”, Suka Press, 2013. Yogyakarta.

KEMENRISTEK, No. 1915/E.E2.3/KL/2015 tanggal 5 Maret 2015 Perihal Pencabutan dan Ralat Nisbah Dosen:Mahasiswa dan Sanksi.

-------- No. 67/C/KL/2016 tertanggal 13 Januari. Jakarta.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi. Bandung:Widya Padjajaran.

Muhaimin, Dkk. “Studi Islam dalam Ragam Dimensi & Pendekatan”, Kencana Prenada Media Group, 2014. Jakarta.

Nashir, Haedar. M.Si. “Memahami Ideologi Muhammadiyah”, Suara Muhammadiyah, 2014. Yogyakarta.

PP Muhammadiyah, “Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah”, Suara Muhammadiyah, 2014.

Ridwan,Ahmad Hasan. “Dasar-Dasar Epistemologi Islam”, CV Pustaka Setia, 2011. Bandung.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2012).




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v1i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Idris Mahmudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats