Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Autoplay Studio 8
Abstract
Bahan ajar yang digunakan di sekola pada umumnya masih kurang inovatif, hanya menggunakan media-media yang tersedia di lingkungan sekolah, dan belum memanfaatkan teknologi. Bahan ajar belum menuntun siswa belajar secara mandiri. Untuk itu dikembangkan Bahan ajar yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan Bahan ajar berbasis multimedia menggunakan aplikasi Autoplay Studio 8 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efetivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia menggunakan aplikasi Autoplay Studio 8 dalam pembelajaran Fiqih yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya jelas disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat siswa untuk belajar Fiqih. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Fiqih menggunakan Autoplay Studio 8 yang dikembangkan untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang SKL dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Pdf., h. 50. Tersedia: Kemenag.go.id/file/dokumen/02Lampiran-Permenag.Pdf
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Diunduh tanggal 28 Mei 2019
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah. Diunduh tanggal 28 Mei 2019.
Rudi Susilana, Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: Cv. Wacana Prima
Rusman, 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Jakarta: Rajawali Press
Sudjana Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Al-Gensindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supri Jono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh tanggal 7 Februari 2018.
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Susandi S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats