Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone

Mela Rosalina, Nurul Qomariah, Maheni Ika Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak promosi, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen Oppo smartphone pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember Angkatan 2013. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 100 orang mahasiswa. Untuk menganalisis valid tidaknya alat ukur digunakan uji validitas, sedangkan untuk mengetahui reliabel tidaknya alat ukur yang digunakan maka digunakan uji reliabilitas. Regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil uji yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel promosi, harga dan kualitas produk mampu menjelaskan variasi yang terjadi terhadap loyalitas konsumen Oppo smartphone. Masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Oppo smartphone pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember Angkatan 2013.

Keywords


Oppo smartphone, promosi, harga, kualitas produk dan loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image ( Citra Produk ) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza , Jalan Aksara , Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 3(3), 221–233. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/AX5V3

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Thesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Edisi Kelima Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lumintang, A. A. (2013). MARKETING MIX PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SABUN MANDI LIFEBUOY DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA, 1(3), 140–150.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Maskur, M., Qomariah, N., & Nursaidah. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati Lumajang). Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia, VI(2), 212–221.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/326623130_MARKETING_ADACTIVE_STRATEGY

Selang, C. A. D. (2013). BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA FRESH MART BAHU MALL MANADO. Jurnal EMBA, ISSN: 2303-1174, 1(3), 71–80. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1374/1085

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Candra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Yuliana, & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus Elzatta Pada Generasi Milenial Tahun 2018). E-Proceeding of Apllied Science, 4(3), 1092–1099.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.