Penerapan Metode Activity Based Costing (ABC) Dalam Menganalisa Kinerja Kemandirian Keuangan

Triska Dewi Pramitasari

Abstract


Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat menggambarkan tingkat kesehatan keuangan serta ketergantungan perusahaan terhadap dana pinjaman yang diberikan oleh pihak kreditur. Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan yaitu tingkat kemandirian keuangan perusahaan. Penentuan harga pokok produksi dengan metode Activity Based Costing (ABC) merupakan keputusan yang sangat penting karena merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kinerja kemandirian keuangan CV Jaya Indah Pratama  dengan metode Activity Based Costing. Data sekunder dalam penelitian ini berupa laporan keuangan perusahaan tahun 2018 yang terdiri dari anggaran biaya perusahaan, realisasi biaya perusahaan, laporan laba rugi, neraca serta  rincian biaya overhead. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan HPP, analisis aktivitas dan analisis tingkat kemandirian keuangan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian keuangan produksi keseluruhan produk secara umum mengalami peningkatan setelah analisis aktivitas, yaitu mencapai 34,88% dari 30,00%. Hasil ini terjadi jika gaji karyawan outsourcing tidak dimasukkan; serta terdapat efisiensi belanja karena pengurangan biaya tidak bernilai tambah yang terlihat pada Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Arus Kas, sehingga terdapat peningkatan saldo akhir kas.


Keywords


Activity Based Costing (ABC), Analisis Aktivitas Produksi, Kinerja Kemandirian Keuangan

Full Text:

PDF

References


A Rajabi, A Dabiri, 2010, Applying Activity Based Costing (ABC) Method to Calculate Cost Price in Hospital and Remedy Services, Iranian J Public Health Vol. 41, No. 4, April 2012.

Al Fajar dan Heru. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing. Edisi Pertama, Yogyakarta.

Blocher, Edward J., Chen Kung H. Lin, Thomas W. 2000. Manajemen Biaya: Dengan Tekanan Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

Dhania Anggarani Putri, 2010, Analisis Penggunaan Metode Activity Based Costing Sebagai Alternatif Dalam Menentukan Taris SPP SMP-SMA Pada YPI Nasima Semarang Tahun 2010.

Dian Raharsari, Dwiatmanto dan Devi Farah Azizah. 2015. Penerapan Activity Based Costing System Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi (Studi pada Perusahaan Malang Indah Genteng Rajawali Tahun 2013).

Dwi Indah Puspitawati, 2014, Analisis Kinerja Kemandirian Keuangan Dan Aktivitas Layanan Rawat Inap Utama Pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Jiwa Menur Dengan Metode Activity Based Costing.

Hansen, Don R. dan Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Herning Eka Saputri, 2013, Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Tas Berdasarkan Sistem Activity Based Costing Pada Perusahaan Tas Monalisa.

K. Eswaramurthi, PV. Mohanram, 2013, Value and Non Value Added Activities Analysis of An Inspection Process - A Case Study, International Journal of Enginee- ring Research & Technology Vol. 2 Issue 2 February 2013.

Mulyadi, 2003, Activity Based Cost System : Sistem Informasi Biaya untuk Pengurangan Biaya, UPPAMP YKPN, Yogyakarta.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Rebecca Kapojos, Jullie J. Sondakh, dan Stanley Kho Waladouw, 2014, Penerapan metode Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Perusahaan Roti Lidya Manado.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Slamet, Achmad. 2007. Penganggaran, Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES PRESS

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R. (2007). Manajemen Biaya. Suatu Reformasi Pengelolaan Bisnis. Yogyakarta: BPFE




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Triska Dewi Pramitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats