Product Diversity, Atmosfer Kafe Dan Harga Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Warung Kopi Cak Wang Banyuwangi

Inelsa Agustin, M. Naely Azhad, Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Warung Kopi :Cakwang Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product diversity, atmosfer kafe dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 40 responden dengan teknik purposive sampling.  Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F,uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel product diversity, atmosfer kafe dan harga, semuanya berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji t diperoleh hasil product diversity, atmosfer kafe dan harga, semuanya berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh hasil product diversity, atmosfer kafe dan harga, semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji determinasi diperoleh 41,6% variasi variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh product diversity, atmosfer kafe dan harga, sedangkan sisanya sebesar 58,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.


Keywords


product diversity, atmosfer kafe, harga dan loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi. Pertama. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Benson. 2007. From business strategy to ITaction, Right decisions for a bottonline. Jhon willey andsons, Inc, New jersey.

Berman, Barry and Joel R. Evans. 2007. Retail Management. Prentice Hall, New Jersey.

Ekawati. 2013. Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Toko Teguh Pasar Sumedang Cepokomulyo Kepanjen. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, Vol 1, No 1.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21. Edisi Ketujuh. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.

Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah , dan Akhmad Suharto. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 2. No. 1 Juni.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT. Indeks, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Maskur, Muhammad, Nurul Qomariah, dan Nursaidah. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia. Volume VI, No. 2, Desember halaman 212 – 221

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka

McIlroy, A.S., & Barnett. 2000. Building Customer Relationships: Do Discount Cards Work? Managing Service Quality Journal, Vol. 10, No.6.Oematan, Chrestolano L.S. dan Hartono Subagio. 2015. Analisis pengaruh pelayanan pelanggan, atmosfer toko, periklanan dan promosi, lokasi toko, produk dan harga terhadap loyalitas konsumen Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 3, No 1.

Pongoh, Melysa Elisabeth. 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1 No.4.

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Cahaya Ilmu. Jember

Riduwan, Sunarto. 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Rorimpandey, Jenet Natasya, Jantje L. Sepang dan Fitty Valdi Arie. 2017. Analisis pengaruh store atmosphere dan keanekaragaman produk terhadap loyalitas konsumen di Café Black Cup Coffee & Roastery. Jurnal EMBA, Vol 5, No 2.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Swastha, Basu & Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran - Analisis Perilaku Konsumen. BPFE, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Tomida, Merinda dan Budhi Satrio. 2016. Pengaruh harga dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, No 7.

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, Christina Widya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Yazid. 2005. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi, Ekonisia, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Inelsa Agustin, M. Naely Azhad, Budi Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats