PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE CANGKIR KLASIK JEMBER

Galih Aprilian Susanti, Nurul Qomariah, Anwar A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meninjau apakah variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berkaitan terhadap keputusan pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Peneliti menggunakan variabel bebas yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Menggunakan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Objek dalam penelitian ini adalah Cafe Cangkir Klasik Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Cafe Cangkir Klasik Jember. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakann data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 100 responden. Hasil dari data kuesioner selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji asumsi klasik, pendekatan regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa uji simultan (F) dan parsial (t) dengan taraf signifikasi α = 5% dengan menggunakan SPSS versi 16,00. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Hasil analisis statistik uji t diperoleh bahwa variabel faktor budaya (X1) menunjukan nilai signifikasi 0,020, variabel faktor pribadi (X3) menunjukan nilai signifikasi 0,000, variabel faktor psikologis (X4) menunjukan nilai signifikasi 0,038. Hasil  menunjukan bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed. rev, Rineka Cipta, Jakarta.

Arsy, Rakhmat Mokhtar An., 2012, Pengaruh Faktor Budaya, Soaial, Pribadi dan Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha. (Study kasus pada PT. Tunas Kencana Data Bekasi).

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana, 2008. Pemasaran Strategik, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ghozali, Imam., 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P., and Keller, K., L. 2009. Manajemen Pemasaran.Edisi ke-13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid kesatu. Edisi Ke-12. Jakarta: Erlangga.

Magdalena, Pipit Amelia., 2012, Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Proses Keputusan Pembelian Susu Formula Anak (Balita) di Kota Malang, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, Jurnal Skripsi FEB UB.

Mohammad Sibaweh. 2009. Pengaruh Faktor Psikologis, Sosial, dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pasar Grosir Setono. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Okkysantria, Dyca., 2014, Analisis Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Konsumen Usia Muda Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Mcdonald’s (Studi Pada Konsumen Mcdonald’s Watugong Malang), Jurnal Skripsi FEB UB.

Philip, Kotler. 2006. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesebelas, Penerbit PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Sekaran, U. and Bougie, R. 2013. Research Methods for Business A Skill-Building Approach. 6th Edition, Wiley, New York.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ketujuh.Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV. Alfabeta

Syah. 2008. Pengaruh Faktor Psikologi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Komputer di Lingkungan Mahasiswa. Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v2i2.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Galih Aprilian Susanti, Nurul Qomariah, Anwar A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats