KAJIAN IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY (LOYALITAS MAHASISWA)

Anwar A

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan:  menguji signifikan relationship marketing inputs yang mencakup understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, dan empowering employees terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa). Pada penelitian ini mengambil sampel 100 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi sebagai berikut:   analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa secara serentak understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, dan empowering employees berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa). Sedangkan secara parsial understanding customer expectation, building service partnership, total quality management dan empowering employees berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (loyalitas mahasiswa).

Keywords


understanding customer expectation, building service partnership, total quality management, empowering employees dan customer loyalty.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, L. 1999, Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: UPP AMD YKPN

Azwar, S, 1997, Reliabilitas dan Validitas, Sigma Alpha, Yogyakarta.

Chan, Syafruddin, 2003, Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut, Gramedia, Jakarta.

Dharmmesta, B.S, 1999, “Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.14,No.3, Hal. 73-78.

Ghozali Imam, 2013,Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.

Haruna, S, 1997, “The Implementation of Relationship Proses By Bauraq : The Customer’s Perspective”, Kelola Gadjah Mada University Business Review, Vol. 15 hal .24-37.

Indriantoro, N dan Supomo, B, 1999, Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Kotler, P, 1994, Manajemen Pemasaran, Analisis, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta

Kuncoro, M, 2003, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis. Erlangga, Jakarta.

Render, B. And Heizer, J. 2001, Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat.

Singarimbun, S dan Effendi, S. 2009, Metode Penelitian Survei, Cetakan Kedua, Jakata : PT Pustaka LP3ES.

Sugiyono, Prof. Dr, 2016, Statistikka untuk Penelitian, Edisi ke 27,CV. ALFABETA,CV

Tjiptono, F. 1997, Manajemen Pemasaran Jasa, Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, F, 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, edisi pertama, Andi Offset, Yogyakarta

Wibowo, S., 2006, “Implementasi Releationship Marketing Pada Industri Hospitality”, Utilitas, Vol 14 No 2, Juni, Hal 178-196.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v2i2.1895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anwar A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats