PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Nur Aulia Agustina, Seno Sumowo, Bayu Wijayantini

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Roti Aloha Perumahan Gunung Kidul Kabupaten Jember)”. Penelitian ini adalah bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga Perumahan Gunung Kidul Jember yang menjadi pelanggan roti merek Aloha, metode penyampelan yang diterapkan adalah metode purposive sampling, konsumen yang memenuhi kriteria untuk menjadi sampel adalah 60 orang responden. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 4 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa: 1) Terdapat pengaruh antara kualitas produk, citra merek dan harga mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian; 2) Terdapat pengaruh antara kualitas produk, citra merek dan harga mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


kualitas produk, citra merek, harga, dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta:Gramedia Pustaka.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Durianto, Darmadi. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar : Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta :Gramedia Pustaka.

Ferdinand, Augusti. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi-2. Badan Penerbit.

Fiani, Margaretha S. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo. Universitas Kristen Petra.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi ke-3. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan IV. Semarang : Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Istijanto. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berpindah Merek Pada Konsumen Pembalut Wanita Kotex Di Semarang. Universitas Diponegoro.

J. Supranto. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid kedua. edisi kesebelas. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip &Kevin Lane Keller. 2006. ”Marketing management”. Eleventh Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: PT Indeks.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?.Edisi 3. Erlangga. Jakarta.

Latan, Hengky. 2013. Analisis Multivariat Teknik dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Nasution. 2003. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta :PT. Bumi Aksara

Novandri, made.sn. 2010. ”Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian: Management Analysis.” Journal Of Diponegoro University.

Prayitno, Duwi. 2010. Paham Analisa Data Statistik Dengan SPSS. MediaKom, Yogyakarta.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta.

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Schiffman & Kanuk.(2004). Perilaku Konsumen (edisi 7).Jakarta : Prentice Hall.

Setyaningsih & Didit Darmawan. 2004. Pengaruh Citra Merek Dan Citra Pengecer Terhadap Respon Merek Dan Respon Pengecer Melalui Kepuasan Merek Dan Kepuasan Pengecer.STIE ABI Surabaya.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kombinsasi. Bandung : Alfabeta

Tika, Pabundu.2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. BRAND Management & Strategy. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Andi.Yogyakarta.

Yuniasari, Darlina. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Atribut Produk Dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol Sosro Di Pujasera Jember. Universitas Negeri Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i2.1893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nur Aulia Agustina, Seno Sumowo, Bayu Wijayantini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats