PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI MAKANAN KULINER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahUIpengaruh label halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli makanan kuliner pecel Garahan Jember. Populasi penelitian ini adalah seleuruh mahasiswa universitas Muhammadiyah Jember yang telah merasakan membeli makanan pecel Garahan Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 112 yang diperoleh dengan mengalikan jumlah indikator dikalikan 10. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel terikat.hasil penelitian menujukkan bahwa Kesadaran halal dan bahan makanan berpengaruh terhadap minat beli Nasi Pecel Garahan Jember. Tetapi label halal tidak berpengaruh terhadap minat beli Nasi Pecel Garahan, yang artinya meski tidak ada label halal dibungkus nasi pecel garahan, sebenarnya responden tetap membeli nasi pecel garahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. A., Abaidah, T. N. T., & Yahya, M. H. A. (2013). A study on halal food awareness among Muslim customers in Klang. In 4th International conference on Business and Economic Research(pp. 1073–1087)
Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). The role of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim‟s purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.
Ajzen, I. (1991), “The Theory of Planned Behavior”, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211
Ajzen, I. (1985), “From Intentions to actions: A Theory of Planned Behavior”, Kuhl, J. And Beckmann, J. (Eds), Action Control: From Cognition to Behavior, Springer, Heidelberg, pp. 11-39
Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). The influence of attitudes on behavior. In D. Albarracín, B. T. Johnson, & M. P. Zanna (Eds.), The handbook of attitudes (pp. 173-221). Mahwah, NJ: Erlbaum
Aliman, N.K. dan Othman, M.N. (2007) Purchasing Local and Foreign Brands: What Product Attributes Metter? Proceedings of the 13th Asia Pacific Management Conference, Melbourne, Australia, pp 400-411
Al-Qur‟an dan Terjemahannya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro
Apriyantono, Anton dan Nurbowo,(2003) Panduan Belanja dan Konsumsi Halal,Jakarta: Khairul Bayaan
Ardayanti, A., Nashril, T.T. A, & Helmi, A. (2013), A Study on Halal Food Awareness among Muslim Customers in Klang Valley, 4th International Conference on Business and Economic Research, Bandung, Indonesia, paper 1073.
Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
.------------. 2008. Metode penelitian bisnis. Bandung: alfabeta
Assael,Henry. (2001). Consumer Behaviour 6th Edition. Yew York: Thompson Learning
Burhanuddin. 2011. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal. Malang: UIN-MALIKI PERS
CAP (2006). Panduan Persatuan Pengguna Pulau Pinang: Halal Haram, Persatuan Pengguna Pulau Pinang, Malaysia.
Che Man Y., Sazili A.Q. (2010) Food Production from the Halal Perspective. In: Guerrero Legarreta I., Alarcón-Rojo, A.D., Y.H. Hui, Alvarado C. Handbook of Poultry Science and Technology. 183-216.
Danang Waskito (2015) pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal, bahan makanan terhadap minat beli produk makanan halal (studi pada mahasiswa muslim di yogyakarta).skripsi. Yogyakarta
Departemen Agama Republik Indonesia, Panduan Sertifikasi Halal, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.
Dewi Kirana Windisukma (2015) pengaruh kesadaran halal, terhadap sikap dan implikasinya terhadap minat beli ulang. Skripsi. Semarang
Dr.Jamal abdul nassir shaari and Nur shahira bt mohd arifin.2009. dimension of halal purchase intention: a preliminary study.serawak malaysia
Ferdinand, Agusty. 2002. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi kedua. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua, Penerbit Universitas Diponegoro.
Hrubes, D., Ajzen, I., & Daigle, J. (2001). Predicting hunting intentions and behavior: An application of the theory of planned behavior. Leisure Sciences, 23, 165-178.
Hussin S. R.*, Hashim, H., Yusof, R. N. and Alias, N. N (2013) Relationship between Product Factors, Advertising, and Purchase Intention of Halal Cosmetic. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum. 21 (S): 85 - 100 (2013)
Ismi aziz Makrufah (2017) pengaruh citra merek dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik (studi pada konsumen di outlet laris kartasura). Skripsi.Surakarta
Kettani, H. (2010) World Muslim Population. Proceeding og the 8th Hawaii International Conference on Arts and Humanities, Honolulu Hawaii
Lalit M. Johri, Kanokthip Sahasakmontri, (1998) "Green marketing of cosmetics and toiletries in Thailand", Journal of Consumer Marketing, Vol. 15 Issue: 3, pp.265-281.
Nazahah, A . R & Sutina, J. (2012), The Halal Product Acceptance Model for the Religious Society, Business & Management Quarterly Review, 3(1), 17-25
Philip Kotler, Keller, Kavin lane.2003. Manajemen pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi, pengendalian
Prasolova-Førland, E., & Divitini, M. (2003). Collaborative Virtual Environments forsupporting learning communities: An experience of use.In Proceedings of the ACMInternational Conference on Supporting Group Work (GROUP ’03), Sanibel, Florida.
Salehudin,I.danLuthfi, B.A. (2011) Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention. ASEAN Marketing Journal, Vol 3 No 1, June 2011.ISSN 2085-5044 Presented partially in the 5th International Conference on Business and Management Research, 4th August 2010, Depok-Indonesia
Sinamora Henry, 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cet. 1, Jilid 1; Jakarta: Salemba Empat.
Rajagopal, S., Ramanan, S., Visvanathan, R., & Satapathy, S. (2011). Halal certification: implication for marketers in UAE, Journal of Islamic Marketing, 2 (2), 132-153
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.
Sugiyono. 2001. Metode penelitian administrasi. Bandung: tarsito
Tati musdyaningwati (2016) Pengaruh tingkat pengetahuan tentang pangan halal terhadap keputusan pembelian produk pangan halal pada mahasiswa universitas muhammadiyah semarang. Skripsi.semarang
Tika, Moh.Pabundu. 2006. Metodologi riset bisnis. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tjiptono, Afandi. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: C.V Andi offset
Qardhawi, Muhammad Yusuf. 1993 Halal dan Haram Dalam Islam, Semarang: PT. Bina Ilmu,.
Wandel, M.(1997). Food Labeling from a Consumer Perspective, British Food Journal, MCB University Press, 99(6)
Yunuz M., Rashid W., Ariffin M., & Rasyid M. (2014). Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social And Behavioral Sciences. 145 – 154.
www.republika.co.id
(www.detik.com).
www.bps.go.id
(www.halalmui.org).
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i2.1886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ahmad Izzuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats