KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SETELAH MENGIKUTI PLPG

Topo Yono

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan perbaikan kualitas guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui Diklat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, yang mendeskripsikan kompetensi guru penjasorkes yang telah lulus kegiatan PLPG se-Kabupaten Jember. Nilai ratarata kompetensi setiap guru dari 19 responden guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan se-kabupaten Jember mendapatkan hasil. Sebanyak 10 guru atau 53% guru mendapatkan kriteria BS (Baik Sekali) dengan nilai rata-rata tertinggi 96% dan 9 guru atau 47% guru mendapatkan kriteria Baik (B) dengan nilai rata-rata terendah 65%. Selain itu hasil angket mengenai mengenai penilaian peserta didik mendapatkan nilai total 58 dari nilai maksimal 76 atau sebesar 76% serta angket nomer 10 mengenai evaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran mendapatkan angket terendah kedua, dengan mendapatkan nilai total 55 dari nilai maksimal 76 atau sebesar 72%. Kompetensi Kepribadian guru relatif tinggi. Kompetensi kepribadian guru dipengaruhi oleh masa kerja, semakin lama masa kerja semakin bagus kompetensi kepribadiannya.


Keywords


enjasorkes, Guru, Kompetensi

References


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Cet. IV. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S dan Safrudin. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baan, A. B. 2012. The Development Of Physical Education Teacher Professional Standards Competency.

Bafirman. 2014. Influence of Sports, Physical Education and Health Teacher Professionalism in Developing Students’ Character.

KEMENDIKBUD, 2013 Krautmann & Sander. 1999. Grades and student evaluations of teachers.

Maksum, Ali. 2007. Kualitas Guru Pendidikan jasmani disekolah (Antara Harapan dan Kenyataan).

Maksum, Ali. 2009. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Margono. S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mustrofin. 2010. Evaluasi Program: Teks Pilihan untuk Pemula. Cet. III. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Prayogo, Dody. 2011. “Evaluasi Program Corporate Social Responsibility dan Community Development pada Industri Tambang dan Migas. Jurnal Makara, Sosial Humaniora. Vol. 15. No. 1, Hal. 43-58.

Pusat Kurikulum Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Riyanto. Y. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sarbini. dan Lina, Neneng. 2011. Perencanaan Pendidikan. Cet. I. Bandung: Pustaka Setia.

Sriundy, M, I, Made. 2010. Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Subana. M & Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Subini, dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sudjana, Nana. dan Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Cet. VI. Bandung: Sinar Baru Algesindo




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Topo Yono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats