Efektivitas Pemahaman Mahasiswa Terhadap Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (AIK) Melalui Baitul Arqam

Ahmad Syarif, Lilik Kholisotin, Muhammad Wahdini

Abstract


Penelitian tentang pemahaman mahasiswa terhadap AIK melalui kegiatan Baitul Arqam ini  merupakan penelitian pertama dalam mengukur pemahaman mahasiswa tentang hal tersebut karena kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa, hal ini dipandang perlu karena baru berjalan selama beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan tingkat ketercapaian dan mengukur pemahaman mahasiswa tentang AIK. Adapun metode Deskriptif Kuantitatif  untuk menganalisis antara data kuantitatif dengan deskripsi dalam satu penelitian dengan menggunakan uji normalitas, uji deskriptif, dan uji wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang sangat signifikan setelah mahasiswa mengikuti kegiatan Baitul Arqam. Hasil pre test tentang keefektifan dan pemahaman mahasiswa tergolong dalam kategori yang tidak efektif berdasarkan hasil uji pre test terhadap 95 sampel bahwa ketidakefektifan ada di persentase 50.52 % sebanyak 48 sampel. Setelah mengikuti Baitul Arqam adanya perubahkan keefektifitasan dan hasil pemahaman mahasiswa ada di persentase cukup efektif sebanyak 48 sampel (50,52%), sangat efektif sebanyak 40 sampel (42,10%). Peningkatakan keefektifan dan pemahaman mahasiswa terlihat dari hasil uji normalitas bahwa nilai signifikansi setiap kelompok perlakuan kurang dari 0,05 (sig <0,05) sehingga dinyatakan bahwa data penelitian pemahaman mahasiswa tidak berdistribusi normal. Hal ini didukung dari hasil uji deskriptif dan wilcoxon menunjukkan rata-rata post test sebesar 10,76 dengan simpangan baku sebesar 2,20. Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan yang sangat signifikan terhadap pemahaman mahasiswa dan uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (sig <0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan signifikan setelah menikuti kegiatan Baitul Arqam.


Keywords


Efektivitas; Pemahaman; Al Islam

References


Anshori, Ari. (2017). “Dinamisasi Perkaderan Muhammadiyah, MPK PP Muhammadiyah.” In. Yogyakarta.

Arifin, Syamsul. (2015). “Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (Aik) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 13 (2):201–21. https://doi.org/10.32729/ edukasi. v13i2.239.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Metode Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Badan Pendidikan Kader, (2008). Sistem Pengkaderan Muhammadiyah, Yogyakarta: MPK PP Muhammadiyah.

Bungkaes, Heri Risal, J.H. Posumah, and Burhanuddin Kiyai. (2013). “Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin Dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepualauan Talaud.” Journal “ ACTA DIURNA” Edisi April 2013, no. walfare: 1–23. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php /actadiurnakomunikasi/article/view/1380.

Erwin, Widiasworo. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Faridi. (2010). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) : Internalisasi Nilai-Nilai Aik Bagi Mahasiswa”, Progresiva Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 4, No.1, Agustus 2013. https:// ejournal. umm.ac.id /index.php/ progresiva/issue/archive

Fuad Nashori, Haji, and Mucharam Rachmy Diana. (2002). Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islam. Jogyakarta: Menara Kudus.

J, Ravianto. (2014). Produktivitas Dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara.

Muhammadiyah, PP. (2016). “Sistem Pengkaderan Muhammadiyah.”

Nashir, Haedar. (2007). Gerakan Islam Syariat, Reproduksi Salafiyah Ideologis Di Indonesia. Jakarta Pusat: Pusat Studi Agama dan Peradaban (PSAP) Muhammadiyah.

Pekei, Beni. (2016). Konsep Dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Di Era Otonomi. Buku 1. Jakarta: Taushia.

Slavin, Robert E. n.d. Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson Education, New Jersey.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

TIM Pedoman Pendidikan, (2013). Pedoman Al Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis Dikti PP Muhammadiyah.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i2.13509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Syarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats