Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Gula Aren Melalui Pendekatan Business Model Canvas Di Desa Segobang, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi

Elok Rosyidah, Arif Rahman Hakim, Sahru Romadloni

Abstract


Desa yang tidak berdaya akan memiliki banyak akibat, diantaranya munculnya pengangguran, pengiriman tenaga kerja ke luar negeri, merantau ke kota, penjarahan dan lain sebagainya. Desa menjadi ujung terdepan wilayah yang ada kaitanya dengan masayarakat. Desa yang maju akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan masyarakat sekitar dan pemerintah daerah. Membangun desa merupakan salah satu bagian dari mengembangkan masyarakat dan meningkatkan aspek kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atau menyusun strategi pengembangan bisnis pada usaha gula aren dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang diintegrasikan dengan analisis SWOT dan IFAS dan EFAS. Identifikasi model bisnis gula aren di Desa Segobang dilakukan melalui analisis Business Model Canvas (BMC). Identifikasi faktor internal (IFAS) dan Eksternal (EFAS) usaha gula aren dilakukan melalui analisis SWOT. Hasil analisis matriks internal-eksternal adalah Nilai Skor Kekuatan 2,99, nilai skor kelemahan 3,23, nillai skor peluang 3,84 dan nilai skor ancaman 2,84. Titik koordinat menunjukkan sumbu X -0,24 dan sumbu Y 1,0.

 


Keywords


Pengembangan Bisnis, Gula Aren, Business Model Canvas

References


Iftitah, Laily Nurul. (2021). 5 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Dengan Penjelasan Ilmiah,di https://katadata.co.id/intannirmala/berita/61261ace6c00c/5-manfaat-gula-aren-untuk-kesehatan-dengan-penjelasan-ilmiah ( 3 Februari 2022).

Iskandarsyah, M. (2013). Analisis Model Bisnis Ekowisata di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu dengan Pendekatan Business Model Canvas. Tesis pada Program Studi Manajemen dan Bisnis, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Osterwalder, A. & Pigneur Y. (2015). Business Model Generation. PT Elex Media Koputindo. Jakarta.

Pohan, RM., Purwoko A., & Martial T. (2014). Kontribusi Hasil Hutan Bukan Kayu dari Hutan Produksi Terbatas bagi Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat. Penomena Foresty Science Journel 3(2). Medan.

Rizaldy, Andi Achmad., & Makarenu., & Mahbub, Asar Said. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis pada Usaha Gula Aren melalui Pendekatan Business Model Canvas di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Laboratoirum Kebijakan dan Kewirausahaan Kehutanan, Fakults Kehutanan. Universitas Hasanudin.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sujono, E., (2017). MENGEMBANGKAN POTENSI MASYARAKAT di Desa/ Keluaraha. Deepublish store.

Wulandari, Ayu. Dkk. (2020). Business Model Canvas Implementasi Terhadap Industri Rumahan produk Virgin Coconut Oil (VCO). Media Sains Indonesia. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i2.13489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elok Rosyidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats