MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN IMPROVING STUDENTS CREATIVE THINKING ABILITY BY USING EKSPERIMEN METHOD

Nur Indah Utami, Elfien Herrianto, Ari Indriana Hapsari

Abstract


Faktanya di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji dalam
proses pembelajaran biologi sangat jarang melakukan praktikum sehingga siswa
tidak dapat menerapkan dan mengaitkan teori dengan lingkungan sekitar secara
optimal dan siswa tidak dapat berfikir secara kreatif sehingga hal ini mendorong
peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Kemampuan
Berfikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Metode Eksperimen” yang
dilaksanakan pada tanggal 15 April – 03 Mei 2017. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus
dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3)
Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara,
observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan
berfikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Dari hasil analisis penilaian berfikir
kreatif siswa, ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 74,29% dengan kategori
kreatif mengalami peningkatan sebesar 22,97% pada siklus II menjadi 91,42%
dengan kategori sangat kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif
pada siswa.