PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CTL LEARNING USING MIND MAPPING TO IMPROVE THE UNDERSTANDING OF CONCEPT
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman
konsep siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 1 Jember melalui pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Mind Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Pemahaman konsep siswa diukur menggunakan metode test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dari 36% pada siklus I
menjadi 88% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan
Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII-C SMP
Muhammadiyah 1 Jember pada pokok bahasan saling ketergantungan ekosistem.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman
konsep siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 1 Jember melalui pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Mind Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Pemahaman konsep siswa diukur menggunakan metode test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dari 36% pada siklus I
menjadi 88% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan
Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII-C SMP
Muhammadiyah 1 Jember pada pokok bahasan saling ketergantungan ekosistem.