PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI EVERYONE IS A TEACHER HERE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES THROUGH EVERYONE IS A TEACHER HERE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
kognitif siswa melalui strategi Everyone Is A Teacher Here. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua
siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar kognitif
siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 56%
dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 25,8% menjadi 81,8%.
Demikian dapat disimpulkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan
melalui strategi Everyone Is A Teacher Here.
kognitif siswa melalui strategi Everyone Is A Teacher Here. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua
siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar kognitif
siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 56%
dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 25,8% menjadi 81,8%.
Demikian dapat disimpulkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan
melalui strategi Everyone Is A Teacher Here.