COURSE REVIEW HORAY DIPADU MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF COURSE REVIEW HORAY COMBINED MIND MAPPING INCREASE COGNITIVE LEARNING RESULT

Koriq Atul Nurjannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil
belajar kognitif siswa yang melaksanakan model pembelajaran koperatif tipe
Course Review Horaydipadu dengan metodeMind Mapping. Penelitian ini
termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Muhammadiyah 1 Jember dengan
sampel penelitian berjumlah 25 orang. Instrument yang digunakan yaitu lembar
observasi, lembar wawancara,dan soal test.Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus nilai kognitif siswa yang
mencapai ketuntasan klasikal hanya 12%, pada siklus I telah dicapai nilai dari
ketuntasan klasikal nilai kognitif siswa sebesar 80% dan pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah model
pembelajaran Course Review Horaydipadu dengan metodeMind Mappingdapat
meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.