PENERAPAN RQA DIPADU TPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA THE APPLICATION RQA COMBINED TPS IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILL

Ika Priantari

Abstract


Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa
semester IVB mata kuliah Genetika Prodi Pendidikan Biologi Unmuh Jember
tahun akademik 2015/2016 melalui penerapan RQA dipadu TPS. Metode yag
dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2
siklus. Setiap satu siklus terdiri dari kegiatan pokok yaitu: (1) planning
(perencanaan), (2) action (tindakan), (3) observing (pengamatan), (4) reflection
(refleksi). Penerapan model RQA dipadu TPS meningkatkan kemampuan berpikir
kritis mahasiswa karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut peneliti
merancang pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk membuat pertanyaan
dan jawaban secara mandiri. Selanjutnya berdiskusi dengan teman-teman
sekelompoknya untuk memecahkan permasalahan dan membangun konsep
belajarnya dengan menggunakan Pertanyaan. Dengan demikian siswa terbiasa
berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan. Hasil Penelitian pada siklus I
sebesar 53%, dan pada siklus II sebesar 80% terjadi peningkatan sebesar 27%.
Jadi pengalaman belajar melalui model pembelajaran RQA dipadu TPS akan
mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.