PENERAPAN PBL DALAM MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA APPLICATION OF PBL APPROACH TO INCREASE STUDENT LEARNING OUTCOMES

Nurul Ipmawati

Abstract


Problem Based Learning (PBL) adalah kurikulum dan proses
pembelajaran. Dalam kurikulumnya, dirancang masalah-masalah yang menuntut
siswa mendapat pengetahuan yang penting, membuat mereka mahir dalam
memecahkan masalah, dan memiliki strategi belajar sendiri serta memiliki
kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan
pendekatan yang sistematik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan
yang nanti diperlukan dalam karir dan kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan
pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran ilmu
pengetahuan alam kelas V pokok bahasan Kemagnetan telah terjadi peningkatan
hasil belajar pada pra siklus 57% pada siklus 1 menjadi 70% kemudian pada siklus
ke 2 menjadi 81,21% Di MI Darul Hikmah dapat kita ketahui bahwa penerapan
Pendekatan Problem based learning ini sangat baik untuk diterapkan di mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena siswa dapat belajar menyelesaikan
masalah-masalah dalam pembelajaran serta siswa akan dapat aktif untuk berfikir dan
berkonstruktiv.di sini guru akan dapat menciptkan generasi-generasi muda serta
calon pakar pendidikan yang hambel dan bertanggung jawab serta dapat
mengahadapi dan bersaing di abad ke 21 serta berkarakter yang kuat dan menjadikan
manusia yang seutuhnya dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.