GAMBARAN MODEL PEMBELAJARAN RDC (READING, DOING AND COMMUNICATING) PADA GURU IPA SMP DESCRIPTIONS OF RDC (READING, DOING AND COMMUNICATING) LEARNING MODELS FOR SCIENCE TEACHERS OF JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang berisi tentang gambaran sintak
model pembelajaran RDC pada guru IPA tingkat SMP/MTs di Kabupaten
Probolinggo. Adapun sintak dari model RDC adalah bagian dari ketrampilan yang
sudah dimiliki guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif,
dilaksanakan pada bulan Pebruari 2017 dengan jumlah koresponden 30 guru IPA
dari SMP/MTs di Kabupaten Probolinggo. Data diperoleh melalui instrumen
penelitian berupa angket berisi tentang pertanyaan tertulis yang merupakan bagian
dari sintak model pembelajaran RDC. Hasil penelitiannya adalah ketrampilan
guru membimbing siswa untuk membaca materi pelajaran yang akan dibahas
70%, ketrampilan guru membimbing siswa untuk merencanakan kegiatan
eksperimen 80 %, ketrampilan guru membimbing siswa untuk mempresentasikan
hasil eksperimen 75% dan ketrampilan guru mengadakan evaluasi 85%.
Kesimpulan penelitian ini bahwa ketrampilan yang sudah dikuasai oleh guru dapat
dijadikan sebagai gambaran pengenalan sintak model RDC dalam pembelajaran
IPA pada materi Fisika, Biologi dan Kimia di SMP/MTs.
model pembelajaran RDC pada guru IPA tingkat SMP/MTs di Kabupaten
Probolinggo. Adapun sintak dari model RDC adalah bagian dari ketrampilan yang
sudah dimiliki guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif,
dilaksanakan pada bulan Pebruari 2017 dengan jumlah koresponden 30 guru IPA
dari SMP/MTs di Kabupaten Probolinggo. Data diperoleh melalui instrumen
penelitian berupa angket berisi tentang pertanyaan tertulis yang merupakan bagian
dari sintak model pembelajaran RDC. Hasil penelitiannya adalah ketrampilan
guru membimbing siswa untuk membaca materi pelajaran yang akan dibahas
70%, ketrampilan guru membimbing siswa untuk merencanakan kegiatan
eksperimen 80 %, ketrampilan guru membimbing siswa untuk mempresentasikan
hasil eksperimen 75% dan ketrampilan guru mengadakan evaluasi 85%.
Kesimpulan penelitian ini bahwa ketrampilan yang sudah dikuasai oleh guru dapat
dijadikan sebagai gambaran pengenalan sintak model RDC dalam pembelajaran
IPA pada materi Fisika, Biologi dan Kimia di SMP/MTs.