ANALISIS ASSESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR ASSESSMENT ANALYSIS AND LEARNING EVALUATION IPA IN BASIC SCHOOL
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencaritahu tentang
alam secara sistematis sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta ,konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja
namun merupakan proses penemuan.Pendidikan IPA di harapkan dapat menjadi
wahana peserta didik untuk mencari diri sendiri dengan alam sekitar dengan proses
pengembangan berfikir dan menganalisis suatu hal dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaranya dengan mengamati langsung topik
atau pokok bahasan yang di siapkan oleh pendidik Assessment atau penilaian
merupakan hal yang mencakup semua metode yang biasa dipakai untuk mengetahui
keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai untuk kerja individu peserta didik
atau kelompok. Menilai mengandung arti mengambil keputusan terhadap sesuatu
dengan berdasarkan diri atau berpegang pada ukuran baik-buruk, sehat-sakit,
pandai-bodoh dan lain-lain. Dan Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran
dan penilaian jadi para pendidik harur benar-benar mengerti dan memahami dalam
proses assesment dan evaluasi karena disinilah penentuan akhir di mana peserta
didik sudah berhasil atau belum berhasil dalam mengikuti proses pembelajaran serta
disinilah pendidik akan dapat mengukur kemampuan siswa per individu di dalam
kelas.
alam secara sistematis sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta ,konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja
namun merupakan proses penemuan.Pendidikan IPA di harapkan dapat menjadi
wahana peserta didik untuk mencari diri sendiri dengan alam sekitar dengan proses
pengembangan berfikir dan menganalisis suatu hal dan menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaranya dengan mengamati langsung topik
atau pokok bahasan yang di siapkan oleh pendidik Assessment atau penilaian
merupakan hal yang mencakup semua metode yang biasa dipakai untuk mengetahui
keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai untuk kerja individu peserta didik
atau kelompok. Menilai mengandung arti mengambil keputusan terhadap sesuatu
dengan berdasarkan diri atau berpegang pada ukuran baik-buruk, sehat-sakit,
pandai-bodoh dan lain-lain. Dan Evaluasi adalah kegiatan yang meliputi pengukuran
dan penilaian jadi para pendidik harur benar-benar mengerti dan memahami dalam
proses assesment dan evaluasi karena disinilah penentuan akhir di mana peserta
didik sudah berhasil atau belum berhasil dalam mengikuti proses pembelajaran serta
disinilah pendidik akan dapat mengukur kemampuan siswa per individu di dalam
kelas.