PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP THE DEVELOPMENT OF MULTIPLEREPRESENTATION MODULE ON SCIENCE LEARNING

Ika Indriyati Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa
modul berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA di SMP dan mengetahui
keefektifan modul berbasis multi representasi yang dikembangkan berdasarkan
hasil belajar dan respon siswa. Modul merupakan salah satu bahan ajar dengan ciri
khas adanya pengorganisasian materi pembelajaran yang memperhatikan
kesesuaian fungsi pendidikan. Strategi pengorganisasian materi pembelajaran
mengandung sequencing yang mengacu pada pembuatan urutan penyajian materi
pembelajaran, dan synthesizing yang mengacu pada upaya untuk menunjukkan
kepada siswa keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang
terkandung dalam materi pembelajaran. Keterampilan representasi merupakan
salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk menginterprestasi dan
menerapkan berbagai konsep untuk memecahkan masalah-masalah secara tepat.
Multirepresentasi merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai di bidang
sains yang sekurang-kurangnya terdapat tiga representasi yang bisa
direpresentasikan oleh siswa berupa representasi verbal, representasi fisis, dan
representasi matematis. Kategori mode representasi untuk modul berbasis
multirepresentasi ini antara lain analogi, pemodelan, diagram, dan multimedia.
Pengembangan modul berbasis multirepresentasi dalam penelitian ini
menggunakan desain penelitian pengembangan Thiagarajan 4D (Define, Design,
Develop and Disseminate) dan masih pada tahap Design.