PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UKM BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) EMKM PADA UMKM KALI KEPITING SEJAHTERA

Lailatul Amanah, Nur Handayani, Susanti Susanti, Muftiyatul Azizah

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan atau badan usaha yang termasuk kriteria usaha dalam lingkup kecil atau mikro. UMKM sebagai usaha mandiri yang dikelola oleh masyarakat diharapkan juga melakukan pembukuan dalam usahanya. Pelaku usaha kecil biasanya hanya mencatat transaksi terkait informasi penerimaan dan pengeluarannya saja tanpa membuat laporan keuangannya. Kelemahan UMKM dalam penyusunan laporan keuangan disebabkan rendahnya pendidikan, kurangnya pemahamam terhadap Standar Akuntansi  Keuangan (SAK). SAK  EMKM  dirancang  sebagai  standar  akuntansi  yang  sederhana  yang dapat digunakan untuk entitas mikro kecil dan menengah, sehingga UMKM dapat menyusun   laporan   keuangan   untuk   tujuan   akuntabilitas   dan   pengambilan keputusan. SAK EMKM merupakan sistem  baru, biasanya  akan  dianggap  rumit dan tidak akan sering digunakan oleh penggunanya apa lagi rata-rata pelaku usaha UMKM dari masyarakat yang bukan dari akuntansi dan tidak memahami bagaimana menyusun laporan keuangan berdasarkan standar yang berlaku umum. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka perlu adanya edukasi serta pelatihan mengenai bagaimana menyusun laporan keuangan sederhana bagi para pelaku UMKM yang sesuai dengan SAK-EMKM. Pembinaan dan pendampingan yang berkesinambungan perlu dilakukan pada UMKM agar dapat berkembang dengan baik dan dapat membantu ekonomi keluarga dan ekonomi masyarakat pada umumnya.

Keywords


laporan keuangan; standar akuntansi keuangan EMKM

References


Fauzi, H. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Penguatan UMKM Jabar Juara Naik Kelas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(3): 247-255.

Firmansyah, A., Arham, A. Dan Nor, A. M. E. (2019). Edukasi Akuntansi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(2): 57-63.

Jati, H., Bala, B. dan Nisnoni, O. (2004), Menumbuhkan Kebiasaan Usaha Kecil Menyusun Laporan Keuangan, Jurnal Bisnis dan Usahawan, II (8), pp. 210–218.

Mutiah, R. A. (2019). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business. 3(3): 223-229.

Santoso, A., Sulistyawati, A. I. dan Wahdi, N. S. (2021). Pemberdayaan UKM Melalui Penyuluhan Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Abdikaryasakti. 1(2): 99-106.

Suhairi, W. (2006), Persepsi Akuntan Terhadap Overload Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Bagi Usaha Kecil dan Menengah, Simposium Nasional Akuntansi, 9.

Yusuf, R., Hernawati, E. Dan Hadiaty, F. (2021). Pencatatan Sederhana dan Penyusunan Laporan Keuangan Manual untuk Konveksi Rumah Rajut Dusun Babakan Cianjur Kabupaten Bandung. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan. 3(2): 115-120.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.8096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)