Mensinergikan Pengembangan Green House sebagai Media Pembelajaran dan Program Adiwiyata di MIN 2 Jember
Abstract
Mengintegrasikan pembelajaran dengan sarana media yang tepat dapat mendorong proses pencapaian kompetensi siswa secara maksimal. Pengembangan kompetensi siswa tidak hanya mencakup aspek kognitif, namun juga ranah afektif dan psikomotorik. Salah satu sarana yang dapat difungsikan dan dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah green house. Berdasarkan konteks tersebut perlu adanya pengembangan green house di MIN 2 Jember, yang difungsikan sebagai sarana media pembelajaran bagi siswa dan guru. Pengembangan green house disisi lain juga dapat disinergikan dengan program adiwiyata dalam rangka meningkatkan dan mengembangan perilaku peduli lingkungan di tingkat sekolah pada warga sekolah secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membuat green house yang dikonstruksi dan dipersiapkan sebagai sarana media alternatif yang dapat difungsikan oleh guru dan siswa untuk kegiatan belajar mengajar. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian, pembuatan green house dapat direalisasikan dengan luas lebih kurang 50 meter persegi, dengan konstruksi kerangka bangunan menggunakan bambu hitam untuk menonjolkan sisi “go green” selaras dengan program adiwiyata yang diikuiti oleh MIN 2 Jember. Proses pembuatan green house membutuhkan waktu selama lima hari terkendala faktor hujan, dari estimasi waktu rencana selama 3 hari. Proses finishing pada bagian luar ditutup dengan paranet, sedangkan atap menggunakan dua jenis spandex, yaitu transparan dan non transparan. Penggunaan dua jenis bahan ini dengan pertimbangan konstruksi atap dapat mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam green house sehingga dapat menimbulkan rasa kurang nyaman yang dirasakan oleh siswa dan guru ketika kegiatan belajar mengajar
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual dan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Muta’Aliyah Stai Darul Kamal Nw Kembang Kerang, 1(3).
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.
Arisnandar., Asmaul., Andriani., Kasmiati, A., Khotimah, AS. H., Azizah, N., & Amalia, V. (2021). Pemanfaatan Greenhouse sebagai Media Pembelajaran Kontekstual. Junral Lepa-Lepa Open, Volume 1, Nomor 2, hal. 298-306.
Basri, M., & Azis, M. (2017). Urgensi Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 3.
Farid, M. Wahyuni, R., Nurhayati, B., Syafaat, M., Khaeru, R., Husen., Akmal, M. & Firman. (2021). Pemanfaatan Greenhouse Secara Optimal dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Lingkungan Asri di SMA Negeri 8 Wajo. Jurnal Lepa-Lepa Open, Volume 1, Nomor 2, 337-342.
Hafida, N., & Wahid, A. H. (2018). Pembentukan Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8.
Masruroh, A. (2020). Madrasah Adiwiyata Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Karakter Sadar Lingkungan (Perspektif fiqh bi’ah). At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.22515/attarbawi.v5i1.2133
Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, I(November).
Tando, E. (2019). Review : Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. BUANA SAINS, 19(1). https://doi.org/10.33366/bs.v19i1.1530
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v2i2.7586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats