Pelatihan Ilmu Tajwid dalam Menciptakan Generasi Qur’ani di Taman Pendidikan Nurul Zaini

Hayatun Sabariah, Diani Syahfitri, Zaifatur Ridha, Nur misdaramayani, Indah Inayati

Abstract


Dalam mengembangkan ilmu tajwid dan memunculkan generasi qur’ani, taman pendidikan Alquran Nurul Zaini  memberikan peranan yang sangat penting. Pelatihan ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengertian Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). (2) Mengetahui keutamaan belajar membaca Alqur’an (3) Untuk mengetahui pemakaian ilmu tajwid dikalangan siswa TPQ Nuruz Zaini. (4) Untuk mengetahui usaha yang dilakukan TPQ Nuruz Zaini untuk memotivasi siswa mempelajari Alqur’an. (5) untuk mengetahui peran TPQ Nuruz Zaini dalam mengajarkan cara membaca Alqur’an dengan tajwid sehingga melahirkan generasi Qur’ani. Belajar membaca Alqur’an sangat dianjurkan kepada manusia sejak dini. Pemakaian ilmu tajwid sangat penting dalam membaca Alqur’an karena merupakan kunci dalam membaca Alqur’an. Taman Pendidikan Alqur’an Nuruz Zaini sering mengadakan perlombaan-perlombaan untuk memotivasi siswa dalam mempelajari Alqur’an dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Alqur’an. Bagi masyarakat sekitar khususnya di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat pendidikan Alqur’an Nurul Zaini memberikan pengetahuan baru dan kesenangan orang tua melihat anak-anaknya gemar dan cinta serta pandai dalam membaca Alqur’an.


Keywords


Ilmu tajwid, Generasi, Qur’ani

References


As’ad Humam, D. (1995). Pedoman Pengelolaan, Pembinaan, (edisi keempat), dan Pengembangan Membaca, Menulis dan Memahami Al-Qur’an,. Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ Nasional.

Azzubaidi, Z. A. (1986). Terjemah Hadits Shahih Bukhari dari Kitab At TAjrid Ash Sharih Jilid II. Semarang: CV. Toha Putra.

Hanafi. (n.d.). Tajwid Praktis. Jakarta: Bintang Pustaka.

Nizhan, A. (2008). Buku Pintar al-Qur’an. Jakarta Selatan: Qultum Media,.

Notoadmojo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta, Jakarta.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Mandar Maju, Bandung.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. , Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tekan, I. (2005). Tajwid Al-Qur’anul Karim. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru, edisi keenam belas.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i1.6914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)