Sosialisasi Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Inklusi di SDN Wirolegi 1 Kabupaten Jember
Abstract
Penerapan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak bagi anak berkebutuhan khusus perlu difahami oleh semua pemangku pendidikan di indonesia. Karena selama ini, sekolah yang menerima anak inklusi berjalan apa adanya, misalnya ketersedian aksesibilitas yang tidak mendukung, tidak adanya fasilitas penunjang pembelajaran seperti braile, alat peraga serta tenaga pengajar. Melalui peraturan tersebut penyelenggara pendidikan yang menerima anak inklusi wajib pemenuhan fasilitas dan sarana dan prasarana yang harus dipenuhi. Maka dari itu, pengabdian kepada masyarakat ini penting dilakukan agar peraturan tersebut segera difahami oleh khalayak umum, agar penyelenggara pendidikan inklusi semakin baik. Metode pengabdian masyarakat ini menggunakan dua pendekatan. Pertama, sosialisasi kepada stacholder di SDN Wirolegi 1 kabupaten jember tentang isi peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tersebut. Kedua, pendampingan kepada pihak sekolah untuk menerapkan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak kepada anak berkebutuhan khusus. Sehingga tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 benar-benar diterapkan dilembaga penyelenggara pendidikan inklusi, khusus SDN Wirolegi 1 kabupaten jember. Selain itu adanya pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus sebagaimana siswa yang lain untuk menikmati sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga tercipta keadilan bagi anak berkebutuhan khusus.
Keywords
Peraturan Pemerintah, Akomodasi Layak, Anak Berkebutuhan Khusus
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Peraturan Pemerintah republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas, (2020).
Fitria, R. (2012). Proses pembelajaran dalam setting inklusi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 90-101.
Prajalani, Y. N., & Himawanto, D. A. (2017). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB negeri Sukoharjo. 02.
Sunanto, J. (2016). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di kelas yang terdapat ABK di Sekolah Dasar. JASSI ANAKKU, 8(2), 78-84.
Sholawati, S. A. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 39-60.
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v1i2.5918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats