Sosialisasi Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Inklusi di SDN Wirolegi 1 Kabupaten Jember

Rusdiyanto Rusdiyanto

Abstract


Penerapan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak bagi anak berkebutuhan khusus perlu difahami oleh semua pemangku pendidikan di indonesia. Karena selama ini, sekolah yang menerima anak inklusi berjalan apa adanya, misalnya ketersedian aksesibilitas yang tidak mendukung, tidak adanya fasilitas penunjang pembelajaran seperti braile, alat peraga serta tenaga pengajar. Melalui peraturan tersebut penyelenggara pendidikan yang menerima anak inklusi wajib pemenuhan fasilitas dan sarana dan prasarana yang harus dipenuhi. Maka dari itu, pengabdian kepada masyarakat ini penting dilakukan agar peraturan tersebut segera difahami oleh khalayak umum, agar penyelenggara pendidikan inklusi semakin baik. Metode pengabdian masyarakat ini menggunakan dua pendekatan. Pertama, sosialisasi kepada stacholder di SDN Wirolegi 1 kabupaten jember tentang isi peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tersebut. Kedua, pendampingan kepada pihak sekolah untuk menerapkan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tentang akomodasi yang layak kepada anak berkebutuhan khusus. Sehingga tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 benar-benar diterapkan dilembaga penyelenggara pendidikan inklusi, khusus SDN Wirolegi 1 kabupaten jember. Selain itu adanya pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus sebagaimana siswa yang lain untuk menikmati sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga tercipta keadilan bagi anak berkebutuhan khusus.

Keywords


Peraturan Pemerintah, Akomodasi Layak, Anak Berkebutuhan Khusus

References


Peraturan Pemerintah republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas, (2020).

Fitria, R. (2012). Proses pembelajaran dalam setting inklusi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 90-101.

Prajalani, Y. N., & Himawanto, D. A. (2017). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB negeri Sukoharjo. 02.

Sunanto, J. (2016). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di kelas yang terdapat ABK di Sekolah Dasar. JASSI ANAKKU, 8(2), 78-84.

Sholawati, S. A. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 39-60.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v1i2.5918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)