Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SDN Sumberbulus 01 Kecamatan Ledokombo Jember

Fatqurhohman Fatqurhohman

Abstract


Dalam pembelajaran, media digunakan sebagai alat bantu siswa memahami materi pelajaran. Tetapi pada kenyataannya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru sebatas penyampaian materi melalui lembar kerja siswa atau buku tanpa ada kegiatan yang mengarah akan keterampilan atau alat bantu berupa media pembelajaran. Mempertimbangkan pentingnya media pembelajaran, pengabdian ini berinisiatif melakukan kegiatan pelatihan tentang penggunaan median pembelajaran. Target yang diharapkan adalah pemahaman dan wawasan terhadap penggunaan media pembelajaran yang berfokus pada bahan-bahan manipulatif. Hasil evaluasi pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan ini menumbuhkan kreatifitas dan memotivasi guru dalam mengembangkan ide-ide membuat media dari bahan manipulatif.

Keywords


Media, Media Pembelajaran, Media Manipulatif

References


Almandara. (2021). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Menggunakan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Selama Masa Pandemic Covid-19. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5(4), 1062-1068,

Dennison, P. (2012). Reflective practice: The enduring influence of Kolb’s Experiential Learning Theory. Compass: Journal of Learning and Teaching, 1(1), 1–6.

Fatqurhohman, F. (2021). Characteristics of Students In Resolving Word Problems Based on Gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 1-10.

Hastuti, I. D., & Sutarto. (2018). Pelatihan Pembuatan Dan Implementasi Bahan Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru SD di Desa Pemenang Barat Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara NTB. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), Vol 01 (02), 31-36,

Kristanti, D. (2014). Meningkatkan pemahaman melalui media manipulatif. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–16,

Kusmiyati., Kadari, S., & Purnomo, B. (2019). Pelatihan pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran pada guru di ppt nur insani Surabaya. Journal Community Development and Society, Vol 1 (2), 89-98,

Lisnawita., Taslim., & Musfawati. (2021). Pengenalan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5(4), 928-932,

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18–23

Rosmalina, P., Darsono, & Sulistiasih. (2019). Pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jurnal PGSD, 12(2), 133–140,

Saguni, F. (2019). Penerapan Teori Konstruktivis Dalam Pembelajaran. Jurnal Paedagogia, Vol 8(2), 19-32,

Saputro, M., Hartono, Irvandi, W., Nurmaningsih., Oktaviana, D., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Manipulatif Materi Geometri Pada Guru SD Negeri 2 SEBUBUS Kecamatan PALOH. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 4(1), 62-71,

Soenarko, B., Wiguna, F. A., Putri, K. E., Primasatya, N., Kurnia, I., Imron, I. F., Damayanti, S., & Wahyudi. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS, Vol 1 (2), 96-106

Widyanti. (2017). Keterampilan Belajar Abad 21 Untuk Melatih Berpikir Kritis Melalui Sistem Pembelajaran Berbasis Ict. Administrasi Pendidian: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, Vol 5 (2),

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (1), 63–75,




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v1i2.5856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)