Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi

Vivi Aida Fitria, Azwar Riza Habibi, Lukman Hakim, Mufidatul Islamiyah

Abstract


Pandemi Covid-19 mewajibkan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara online. Sehingga mengharuskan siswa siswi SMK Mahardika Karangploso memanfaatkan media digital sebagai tools untuk membantu menyelesaikan tugas dari Bapak/Ibu Guru SMK Mahardika yang menerapkan berbagai metode pembelajaran. Siswa-siswi SMK Mahardika masih banyak yang belum mengenal media digital yang dapat memberikan kemudahan mereka. Oleh karena itu pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Canva kepada siswa-siswi SMK Mahardika Karangploso. Aplikasi ini dapat membantu siswa-siswi dalam membuat slide presentasi, mind mapping, poster dan lain sebagainya.  Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan metode tutorial. Metode tutorial adalah metode pelatihan yang diawali dengan pemaparan teori dan langsung dilanjutkan dengan praktek. Adapun tahapan kegiatan pengabdian ini adalah analisa permasalahan masyarakat, identifikasi masalah dan pencarian solusi permasalahan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi kegiatan dan hasil. Hasil pelatihan aplikasi Canva kepada siswa-siswi SMK Mahardika Karangploso memberikan dampak positif. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil rata-rata penilaian siswa-siswi SMK Mahardika terhadap kegiatan pelatihan cukup tinggi yaitu 8.67 (range 1-10). Serta tidak ada satupun peserta yang memberikan uraian kesan yang negatif.

Keywords


Canva, media pembelajaran online, pengabdian

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal lampuhyang, 11(2), 13–25.

Fathurrohman. (2020). Model-model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Noni, A. (2019). Desain informatika : Pengembangan Kreativitas Dan Literasi Membaca Siswa Sd Hati Kudus. Jurnal Abdimas, 5(3).

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Professional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1).

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik Selama Pandemi Covid-19 dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 585 – 595.

Sulistiadi, W., Rahayu, S., & Harmani, N. (2020). Handling of Public Stigma on COVID-19 in Indonesian Society. National Public Health Journal, 15(2), 70–76.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & Jelahu, F. M. (2020). Bantuan Sosial Dan Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir yang Terdampak Sosial-Ekonomi Selama Patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 12–26.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v1i2.5050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)