Meningkatkan Kebiasaan Literasi pada Siswa SD Muhammadiyah Kasiyan Kabupaten Jember
Abstract
Literasi merupakan edukasi terpenting membangun generasi bangsa yang cerdas pada siswa Sekolah Dasar (SD). Literasi dapat memberikan perubahan yang positif meningkatkan pengetahuan siswa dari berbagai bidang keilmuan. SD Muhammadiyah yang memiliki pojok baca setiap kelas diharapkan siswa meanfaatkan sarana tersebut sebagai tempat edukasi dan peningkatan pengetahuan bidang agama maupun pengetahuan umum. Namun permasalahannya belum semua siswa memiliki ketertarikan untuk berliterasi dengan memanfaatkan pojok baca di sekolah. Hal ini dikarenakan siswa belum mengetahui cara-cara literasi yang benar dan kebermanfaatannya. Maka dari itu kegiatan ini berusaha memberikan edukasi pada siswa terkait literasi. Metode pelaksanaan melalui observasi dan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendampingan literasi pojok baca di kelas masing-masing. Hasil dari pengabdian ini diantaranya: 1) terwujudnya jadwal literasi pada saat pembelajaran dan jam istirahat; 2) meningkatnya motivasi anak berliterasi dengan memanfaatkan buku-buku yang disediakan pada pojok kelas; 3) Literasi dilakukan secara individu dan kelompok; 4) Pemanfaatan jam istirahat untuk literasi di kelas dan sebagian siswa bermain di luar kelas. Adapun Kesimpulan dari kegiatan ini adalah terbentuknya jadwal pembiasaan literasi yang dilakukan oleh siswa dengan pendampingan guru-guru kelas memotivasi anak-anak gemar literasi baik saat pembelajaran maupun pada jam istirahat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Faizah, Utama Dewi, dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K.
Wiedarti, Pangesti & Laksono, Ed.). Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas
Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990
Linsia, R. W. (2022). Wajib Batasi dan Kontrol Tontonan Anak. Radar Jember. https://radarjember.jawapos.com/pendidikan/791119707/wajib-batasi-dan-kontrol-
tontonan-anak
Murjani, M. (2021). Hakikat dan sistem nilai dalam konteks teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 107–119. https://doi.org/https://adisampublisher.org/in- dex.php/adiba/article/view/47
Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Meningkatkan Minat Literasi Studi Tokoh Dalam Membangun Generasi Berkarakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 10(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i1.1882
Pengertian, Literasi Tujuan dan Manfaatnya. (2024). Media Literasi Sains. https://literasisains.id/pengertian-literasi-tujuan-dan-manfaatnya/
Pratiwi, A. D., & Afandi, E. S. W. (n.d.). Potensi aplikasi zoom cloud meetings dalam pembelajaran di era digital. https://www.researchgate.net/publica-tion/343859632
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di
Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).
Situmorang, R. (2022). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan- gerakan-literasi-di-sekolah
Solahudin, D., Misdalina, M., &, & Noviati, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat
Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi bagi Suplemen Pendidikan di Indonesia. Dikdas
Bantara, 1(1), 20–32. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i2.23326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats