Meningkatkan Kebiasaan Literasi pada Siswa SD Muhammadiyah Kasiyan Kabupaten Jember

Siti Nursyamsiyah, Hairul Huda, Fauziyah Fauziyah, Muh Iman

Abstract


Literasi merupakan edukasi terpenting membangun generasi bangsa yang cerdas pada siswa Sekolah Dasar (SD). Literasi dapat memberikan perubahan yang positif meningkatkan pengetahuan siswa dari berbagai bidang keilmuan. SD Muhammadiyah yang memiliki pojok baca setiap kelas diharapkan siswa meanfaatkan sarana tersebut sebagai tempat edukasi dan peningkatan pengetahuan bidang agama maupun pengetahuan umum. Namun permasalahannya belum semua siswa memiliki ketertarikan untuk berliterasi dengan memanfaatkan pojok baca di sekolah. Hal ini dikarenakan siswa belum mengetahui cara-cara literasi yang benar dan kebermanfaatannya. Maka dari itu kegiatan ini berusaha memberikan edukasi pada siswa terkait literasi. Metode pelaksanaan melalui observasi dan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendampingan literasi pojok baca di kelas masing-masing. Hasil dari pengabdian ini diantaranya: 1) terwujudnya jadwal literasi pada saat pembelajaran dan jam istirahat; 2) meningkatnya motivasi anak berliterasi dengan memanfaatkan buku-buku yang disediakan pada pojok kelas; 3) Literasi dilakukan secara individu dan kelompok; 4) Pemanfaatan jam istirahat untuk literasi di kelas dan sebagian siswa bermain di luar kelas. Adapun Kesimpulan dari kegiatan ini adalah terbentuknya jadwal pembiasaan literasi yang dilakukan oleh siswa dengan pendampingan guru-guru kelas memotivasi anak-anak gemar literasi baik saat pembelajaran maupun pada jam istirahat.


Keywords


Meningkatkan, Kebiasaan, Literasi, Siswa

References


Faizah, Utama Dewi, dkk. (2017). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K.

Wiedarti, Pangesti & Laksono, Ed.). Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas

Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Linsia, R. W. (2022). Wajib Batasi dan Kontrol Tontonan Anak. Radar Jember. https://radarjember.jawapos.com/pendidikan/791119707/wajib-batasi-dan-kontrol-

tontonan-anak

Murjani, M. (2021). Hakikat dan sistem nilai dalam konteks teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 107–119. https://doi.org/https://adisampublisher.org/in- dex.php/adiba/article/view/47

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Meningkatkan Minat Literasi Studi Tokoh Dalam Membangun Generasi Berkarakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 10(1), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i1.1882

Pengertian, Literasi Tujuan dan Manfaatnya. (2024). Media Literasi Sains. https://literasisains.id/pengertian-literasi-tujuan-dan-manfaatnya/

Pratiwi, A. D., & Afandi, E. S. W. (n.d.). Potensi aplikasi zoom cloud meetings dalam pembelajaran di era digital. https://www.researchgate.net/publica-tion/343859632

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di

Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).

Situmorang, R. (2022). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan- gerakan-literasi-di-sekolah

Solahudin, D., Misdalina, M., &, & Noviati, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat

Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–

https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi bagi Suplemen Pendidikan di Indonesia. Dikdas

Bantara, 1(1), 20–32. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i2.23326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)