Pelatihan Pembuatan Sablon Spons dalam Tulisan Khaligrafi di Pondok Pesantren Al-Fath Gebang

Hayatun Sabariah, Zaifatur Ridha, Aulia Rahmah Sembiring

Abstract


Khaligrafi  merupakan salah satu pelajaran dalam bahasa arab dan ekstrakurikuler yang telah diajarkan di Ponpes Al-Fath Gebang. Selain mengajarkan kaidah menulis indah juga melatih santri-santri mulai sejak dini agar dapat menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para santri di Ponpes Al-Fath Gebang dalam pembelajaran Khaligrafi karena adanya kendala yang dihadapi di Ponpes Al-Fath Gebang dalam penulisan khaligrafi santri-santri yang belum bisa, maka tim Pengabdian kepada masyarakat STAI Jam’iyah Mahmudiyah ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan sablon spons dalam membuat khaligrafi khat Alqur’an santri-santri sangat antusias, selain meningkatkan kemampuan santri menulis khat Aqlur’an santri juga belajar mengkombinasi warna sehingga tercipta warna khaligrafi yang indah dan beragam serta menciptakan pola pikir kecintaan dalam mempelajari khaligrafi itu sangat mudah dan menyenangkan


Keywords


Pelatihan, Sablon Spons, Khaligrafi

Full Text:

PDF

References


B. Hidayah, “Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Arab

Fahri. Bahasa, and U. Alamat, “distro bonek original di ketintang surabaya Very Yanuar Anas Abidin,” vol. 01, pp. 91–99, 2013.

Fuada, U. P. Indonesia, N. Kamilah, and U. M. Jember, “Electronic T-Shirt ’: Produksi Kaos Edukasi Unik Dunia Prosiding Sentia 2015 – Politeknik Negeri Malang I-8,” no. February 2016, 2015

I, H. S., & Kriya. (2022). Perancangan Sablon Dan Bordir Pada Dress Sumber Ide Body Positivity. Imajinasi: Jurnal Seni, XVI(2).

Mubarat, H., & Iswandi, H. (2018). Pelatihan Sablon Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa/I Jurusan Multimedia Smk Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2), 74–83. https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.527

M. W. Dariyadi, “Penggunaan Software ‘Kelk’ Sebagai Media Pembelajaran Kaligrafi Berbasis Ict,” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, vol. 1, no. 1, 2015.

Pegon,” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 102–119, 2019.

PUTRA, F. Bahasa, and U. Alamat, “Distro Bonek Original Di Ketintang Surabaya Very Yanuar Anas Abidin,” Vol. 01, Pp. 91–99, 2013

Sulaiman, M. A., Barsihanor, & Arifa, T. R. (2021). Implementasi Pembelajaran Kaligrafi Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Arab Di Sd Islam Al-Hidayah Banjarmasin. EPrints UNISKA, 1(1). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/9063/%0Ahttp://eprints.uniska-bjm.ac.id/9063/1/ARTIKEL SULAIMAN-dikonversi.pdf

Z. Ali, “Dakwah kh Moh. Faiz abdul Razzaq (Studi Dakwah Melalui Seni Kaligrafi),” Reflektika, vol. 11, no. 2, pp. 15–31, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i2.23283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)