Pengembangan Kapasitas Mushola sebagai Pusat Kegiatan Komunitas Masyarakat Petani Hutan

Edhi Siswanto, Muhlisin Muhlisin

Abstract


Lokasi hutan sebagai tempat tinggal merupakan ciri khas petani hutan, yang mengandalkan sektor pertanian. Sebagai pekerjaan dan penghasilan utama masyarakat di Tancak dusun Tenap Desa Sucopangepok Jember. Keberadaan Mushola“Jabal Nur” yang menjadi pusat kegiatan yang memberikan kontribusi terhadap ketersediaan fasilitas sosial yang dapat digunakan oleh masyarakat petani hutan. Fungsi Musholasebagai fasilitas sosial dapat mewadahi kegiatan baik sosial maupun keagamaan, serta pendidikan non formal. Upaya dalam mendorong terwujudnya Musholasebagai pusat kegiatan masyarakat, perlu peningkatan kapasitas, khususnya sarana prasarana sehingga dapat memperlancar pelaksanan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Salah satu kelengkapan sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh Mushola“Jabal Nur” dalam meningkatkan kualitasnya sebagai fasilitas sosial adalah tempat wudhu dan ketersediaan buku-buku untuk belajar mengaji dan peningkatan literasi bagi anak usia sekolah. Kegiatan pengabdian ini juga menginginkan dengan ketersediaan sarana prasarana yang memadai.  Harapan besar, dapat menunjang kemudahan dalam menjembatani komunikasi antar anggota masyarakat dan pelaksanaan kegiatan keagamaan sehingga berdampak pada konstruksi sosial masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai pancasila. Adapun hasil kegiatan ini dapat menjadikan Musholasebagai pusat kegiatan yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang mencukupi. Sebagai fasilitas sosial akan mendorong sinergisitas dan intensitas kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan yang dilakukan, sehingga secara eksplisit dapat menjaga kerukunan sosial masyarakat petani hutan.

Keywords


Pengembangan, Pusat Kegiatan, Petani Hutan

References


Ahmad, R. (2022). Revitalisasi Fungsi Mushola sebagai Basis Perubahan Sosial (Sejarah Kontinuitas dan Perubahannya). Revorma, 2 (1), hlm. 1-12. Retrieved from https://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/19

Indrawati, & Nurhasan. (2007). Pengembangan Fungsi Sosial Dan Lingkungan Mushola Di Kawasan Perumahan. Publikasi Ilmiah UMS.

Khaeriyah, E. (2021). Fungsi Mushola dan Peranannya dalam Perkembangan Umat Muslim. Lp2m.

Muna, D., Kusindrastuti, B., & Pertiwi, D. F. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Optimalisasi Fungsi Mushola sebagai Pusat Kegiatan Kemasyarakatan di Dusun Sawahan. Prosiding Konferens Pengabdian Masyarakat, Volume 1, Maret 2019, hlm. 285-287.

Tamuri, A. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Mushola Dalam Memartabatkan Masyarakat. Al-Mimbar: International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v4i1.22669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)