Edukasi Halal Habbit Melalui Proses Edutainment Di RA Baiturrohim Wuluhan-Jember

Miftahul Hasanah, Istikomah Istikomah, Siti Khayisatuzahro Nur

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan penduduknya mayoritas beragama Islam. pada tahun 2024, Indonesia berkeinginan menjadi negara pusat halal dunia yang dimotori oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Halal Habbit merupakan salah satu indikator perkembangan ekonomi Syariah yang terus mengalami perkembangan seiring dengan meningkatnya tren halal lifestyle dimasyarakat. Untuk mendukung cita-cita mulia sebagai pusat halal dunia pada tahun 2024, tentu diperlukan adanya edukasi dan sosialisasi kepadanya masyarakat akan pentingnya kebiasaan halal pada kehidupan sehari-hari hingga memunculkan gaya hidup halal. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh sekolah di pagi hari adalah kegiatan pembiasaan tidak terkecuali RA Baitur Rohim. Setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanan, Guru Bersama siswa melakukan pembiasaan dengan bernyanyi, menari, dan membaca doa harian yang disesuaikan dengan tema pada setiap minggunya. Pada tema Lingkunganku dan Makanan Kesukaanku, siswa diberikan pemahaman tentang kebiasaan hidup yang baik dengan mencontoh Rosulullah SAW melalui lagu dan cerita. Kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada siswa, wali, serta guru tentang halal habbit (kebiasaan halal) melalui poster berbasis EduTainment. Tujuannya adalah agar masyarakat memiliki pemahaman secara menyeluruh dan menyenangkan tentang halal habbit melalui poster dengan gambar yang disukai oleh anak-anak dapat menjadi preferensi selain lagu dan cerita serta mampu memberikan nilai pendidikan bagi anak serta meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak

Keywords


Halal, Habbit, Edutainment

Full Text:

PDF

References


Hamruni, Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam, (Yogyakarta:UIN Sunan kalijaga, 2008)

Ratna Pangastuti, Edutainment PAUD (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

M. Fadlillah, Edutainment Pendidikan Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan (Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group, 2014)

Subianto, Jito. 2013b. Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas (Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam)

Megawati, 2017b. Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok) (Getsempena English Education Journal (GEEJ))

Davies, RB. 1991. Teacher as Curriculum Evaluators (Sydney: George Allen and Unwin) Denim, Sudarwan dan H. Khairil. 2011. Profesi Kependidikan (Bandung: Alfabeta)

Nurihsan, Juntika dan Sudianto A. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA

(Kurikulum 2004) (Jakarta: PT. Grasindo)

www.kemenag.go.id




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v4i1.22595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)