Pelatihan Analisis SWOT dalam Pemetaan Potensi Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Rekrutmen Peserta Didik Baru di Sekolah Muhammadiyah
Abstract
Analisis terhadap potensi sekolah harus mampu dilakukan secara menyeluruh dalam berbagai aspek berkaitan dengan pengelolaan lembaga/sekolah, baik internal maupun eksternal. Konteks tersebut sangat berkaitan erat dengan kelangsungan atau eksistensi lembaga/sekolah itu sendiri. Realitas ini dikarenakan kelangsungan lembaga/sekolah tergantung pada hasil penerimaan siswa baru sebagai customer atau pelanggan pendidikan, sehingga lembaga/sekolah memiliki pendanaan yang cukup untuk proses pelayanan pendidikan. Salah satu langkah yang dapat dimanfaatkan lembaga/sekolah dalam merefleksikan kualitas layanan yang diberikan dapat menggunakan analisis SWOT. Fungsi utama dari analisis SWOT adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap lembaga/sekolah, sehingga mampu terefleksikan dalam sebuah perancanaan yang matang dalam menghadirkan kualitas layanan pendidikan. Penggunaan SWOT disisi lain dapat memetakan potensi lembaga/sekolah, yang kemudian dapat dikontruksi sebagai alat untuk pemasaran/promosi lembaga/sekolah itu sendiri. Pentingnya analisis SWOT di era disrupsi saat ini, belum diimbangi kemampuan personal lembaga/sekolah dalam mengimplementasikannya secara komprehensif. Akibat dari kondisi tersebut, langkah pemasaran lembaga/sekolah hanya berlangsung secara kultural, tidak ada langkah strategis yang mampu dikonstruksi untuk dimanfaatkan dalam rangka proses penerimaan/rekruitmen siswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program kegiatan pengabdian pada Masyarakat yang dikemas dalam bentuk pelatihan, pelatihan SWOT pada personil lembaga/sekolah secara langsung agar berdampak terhadap kreatifitas dan program kerja yang rasional dan realitas dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah. Teridentifikasinya kelemahan dapat menjadi peluang dalam pemetaan potensi sekolah, sehingga langkah strategis pengembangan sekolah dapat dilakukan yang dapat berdampak pada timbulnya animo masyarakat terhadap sekolah tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bruder Frans Sugi, F. I. C. (2009). Sekolah Gratis: Ancaman, Tantangan Dan Peluang. In Yayasan Pangudi Luhur.
Daniel Nugraha. (2020). Analisis SWOT, Pengertian, Manfaat, dan Contohnya. In Paper Blog.
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1). https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Freddy Rangkuti. (2021). Analisis Swot: Penjelasan Pengertian, Komponen dan Manfaat Lengkap. Deepublish.
Munarsih, M., Akbar, M. F., & Sudarsono, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Memilih Sekolah pada Orangtua Siswa Sdit Bina Cendekia – Depok. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3). https://doi.org/10.32493/jee.v2i3.6804
Novia, D. R. dan W. D. P. (2016). Ini Penyebab Sekolah Swasta Banyak yang Tutup | Republika Online. Harian Republika, Pasal 8.
Nunung, B. A. (2018). Analisis Swot Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Sebuah Sma Swasta Di Kota Tangerang. O p e r a t i o n s E x c e l l e n c e, 2018, 10(1): 65-73, 10(1).
Nurhaidah; Musa, M. I. (2015). Pelayanan Pendidikan yang Berkualitas di Era Global Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik Secara MaksimaL. Jurnal Pesona Dasar.
Rofi, S., & Kusumawati, D. (2020). The Effect of School Branding on the Reputation of Islamic Schools. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201017.142
Rusdi, R. (2018). Continues Improvement Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.396
Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
Susilawati, I. M., & Harun, M. (2017). Analisis Swot sebagai Dasar Strategi Branding pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cireunde, Ciputat. Tarbawi, 3(1).
Wisda, R. S. (2022). Strategi Promosi Smpn 5 Satu Atap Linggo Sari Baganti Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v4i1.22500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats