Penyuluhan pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Kasiyan Puger dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Agama dan Toleransi Antar Umat Beragama

Badrut Tamami, Yerry Mijianti

Abstract


Cerminan dalam Moderasi Agama merupakan sebuah komitmen penting dalam berkebangsaan yang selalu mengedepankan keberagaman, serta menghargai adanya perbedaan yang merupakan wujud dari  toleransi beragama, menolak adanya bentuk tindak kekerasan yang mengatasnamakan Agama, menerima segala akomodasi kekayaan,adat istiadat, budaya, serta tradisi masyarakat.Dalam menjaga toleransi dan kerukunan beragama kuncinya adalah saling menghormati dan menghargai antar sesama. membantu dan bekerja sama menciptakan lingkungan damai dan kondusif. Dalam menciptakan lingkungan yang harmonis bagi semua individu, untuk berkembang dan tumbuhmenjadi pribadi yang lain dan bersahaja, maka dibutuhkan penyuluhan terkait kerukunan beragama. Harapan penulis, semoga Penyuluhan ini dapat bermanfaat dan membantu serta mempermudah bagi Siswa SD Muhammadiyah Kasiyan Puger Jember khususnya kelas VI dalam memahami dan memaknai toleransi antar umat beragama (Moderasi Agama) sehingga menjadi investasi terhadap anak bangsa khususnya generasi muda, sehingga menjadikan ladang pahala jariyah kepada penulis selaku akademisi di Universitas Muhammadiyah Jember dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi


Keywords


Moderasi Agama, toleransi antar umat beragama

References


Abd. Al Mu‟tal As Saidi, 1999. Kebebasan Berpikir dalam Islam. Yogyakarta: Adi Wacana.

Abd. Moqsith Ghazali, 2009. Argumen Pluralisme Agama : Membangun Toleransi Berbasis

Al-Qur’an Jakarta: Katakita.

Ahmad Azhar Bashir, 2002. Beragama Secara Dewasa (Akidah Islam),Yogyakarta: UII Press.

Al-Bukhari, 1987. Sahih Al-Buhari, Beirut: Dar Ibnu Katsir Maktabah Samilah.

Asep Syaifullah, 2007. Merukunkan Umat Beragama (Studi Pemikiran Tarmzi Taher Tentang Kerukunan Umat Beragama), Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Bustanul Arifin, 2016. Implikasi Prinsip Tasamuh (Toleransi) dalam Interaksi Antar Umat Beragama, Jurnal Keagamaan, volume 1, Nomor 2, http://journal.iainnumetrolampung.ac.id/indeks.php/al- fikr.

Fuad Fachruddin, 2006. Agama dan Pendidikan Demokrasi, (Cet I, Jakarta: Pustaka Lavabet.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v4i1.22463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)