Pendampingan Budidaya Hidroponik Sederhana Kepada Siswa Magang di SKM Farm Kota Palangka Raya
Abstract
Hidroponik adalah teknik budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah, sehingga hidroponik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai medium untuk menggantikan tanah. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidak memerlukan lahan yang luas dalam pelaksanaannya, tetapi dalam bisnis pertanian hidroponik hanya layak dipertimbangkan mengingat dapat dilakukan di pekarangan rumah,atap rumah, lingkungan sekolah maupun lahan lainnya. Akan tetapi, seperti lingkungan sekolah masih banyak yang belum ada yang memiliki hidroponik untuk pengetahuan siswanya. masih minimnya wawasan dan keterampilan siswa-siswa untuk mengembangkan hidroponik disekolah. Oleh karena itu, perlu adanya program pendampingan budidaya Hidroponik sederhana kepada siswa dengan memanfatkan Stryrofoam bekas, agar dapat menambah wawasan, keterampilan dan kreativitas siswa disekolah. Metode pelaksanaan dari pengabdian masyarakat adalah memberikan pemahaman teori dan praktek. Hasil kegiatan pengabdian ini akan memberikan pemahaman teori dan pengalaman budidaya hidroponik sederhana kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan serta menambah semangat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Faizah, M., Nasirudin, M., & Prakasa, B. (2020). Pemanfaatan Pekarangan dengan Metode Tanam Hidroponik dari Botol Bekas. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–37
Nasrulloh, M. F., Putra, I. O., Khotimah, K., & Tamam, M. B. (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa MTs Melalui Pelatihan Pembuatan Hidroponik Sederhana dengan Memanfaatkan Botol Air Mineral. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 2(1), 42–48.
Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. 1(2), 43– 50.
Sumarni N, Rasita W.A., Sesya D.M.. (2020). Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, Volume 1, No.02. 22-29
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i2.19989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats