Sosialisasi Produk Pembiayaan Permodalan UMKM Bank Syariah Indonesia pada Jamaah Masjid Nashrul Fattah Perumahan Alam Hijau Sempusari Kaliwates Jember

Muhammad Syafi’i, Dhimas Herliandis Shodiqin

Abstract


Permasalahan yang dihadapi masyarakat modern sekarang adalah bagaimana sekiranya bisa mandiri dalam meningkatkan ekonomi mereka. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan usaha secara mandiri melalui sektor UMKM. Salah satu indikator dalam upaya meningkatkan UMKM adalah dengan adanya modal yang memadai. Kendala yang banyak dihadapi oleh kalangan UMKM adalah kurangnya modal yang dimiliki sehingga menjadi penghambat dalam mengembangkan usahanya. Maka dari itu peran perbankan bisa ikut serta dalam memenuhi permodalan yang dibutuhkan. Salah satu kalangan yang jarang sekali disentuh adalah komunitas dilingkungan masjid, padahal banyak pula warga dilingkungan masjid yang memiliki usaha namun minim dalam support permodalan. Solusi dengan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang produk pembiayaan permodalaan UMKM dari bank syariah Indonesia, dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada jamaah masjid Nashrul Fattah yang memiliki usaha untuk bisa mengakses permodalan dari Bank Syariah Indonesia. Target luaran dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi serta informasi kepada jamaah masjid Nashrul Fattah dalam mengembangkan usahanya melalui bantuan modal atau pembiayaan dari Bank Syariah Indonesia dengan harapan bantuan modal tersebut bisa menjadi bantuan untuk mengembangkan usaha mereka. Hasil dari kegiatan ini memberikan kesimpulan bahwa jamaah masjid Nashrul Fattah merasa terbantu untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan bantuan pembiayaan UMKM dari Bank Syariah Indonesia.


Keywords


Sosialisasi, Produk Pembiayaan, Modal UMKM

Full Text:

PDF

References


Huda, H., & Syafii, M. (2022). Fintech (M-Banking) Bank Syariah Indonesia untuk Mendidik Siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa dalam Pembelajaran Transaksi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol. 3 No. 3.

Karim, A. A. (2017). Bank Islam Analsis Fiqih dan Keuangan. Depok : PT RajaGrafindo Persada.

Keuangan, O. J. (2022). Statistik Perbankan Syariah. Jakarta: Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan.

Syafii, M., & Huda, H. (2022). Sosialisasi Pendirian dan Produk-produk Bank Syariah Indonesia dalam Memberikan Wawasan tentang Bank Syariah pada Madrasah Aliyah At-Taqwa Ledokombo Jember. Mujtama' Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2.

Umam, K., & Utomo, S. B. (2019). Perbankan Syariah Dasar-Dasar dan DInamika Perkembangannya di Indonesia. Depok: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v3i1.13627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyaraka published by muhammadiyah university of Jember. Jl. Karimata No. 49 Jember 68121 Jawa Timur Indonesia Kotak Pos 104 Telp. 0331-336728 Fax. 0331-337957. ISSN : 2776-6608 (Print) and 2807-8586: (Online)