Pengembangan Media Pembelajaran melalui Praktek Pembuatan Hidroponik bagi Guru untuk Meningkatkan Peduli Lingkungan dan Kecerdasan Naturalis Siswa MIN 2 Jember
Abstract
Ketepatan pemilihan media pembelajaran dalam mendorong ketercapaian hasil belajar siswa dalam seluruh kompetensi yang akan dikembangkan membutuhkan pertimbangan yang komprehensif. Tataran efektif dan efisien tentu menjadi unsur utama, namun juga harus mengandung dimensi aktif, inovatif dan menyenangkan. Mempertimbangkan perkembangan psikologis peserta didik juga merupakan salah satu langkah yang perlu diperhatikan. Usia siswa pada sekolah dasar/madrasah cenderung lebih pada konteks proses pembelaran learning by doing dan learning is fun. Pembuatan hidroponik merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh guru dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan peduli lingkungan dan kecerdasan naturalis siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wadah guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan hidropronik sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dalam 3 tahapan, pertama praktek pembuatan hidroponik, kedua yaitu pembibitan tanaman, dan ketiga penggunaan hidroponik sebagai media pembelajaran siswa. Hasil pelaksanaan pengabdian, guru memiliki pengetahuan dalam pembuatan hidroponik serta cara memanfaatkannya sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan peduli lingkungan dan kecerdasan naturalis siswa MIN 2 Jember.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, D. N. (2018). Pembinaan Kepedulian Peserta Didik Pada Lingkungan Sekolah Dengan Memberikan Pelatihan Menanam Hidroponik Teknik Vertical Garden. Jurnal Pijar Mipa, 13(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.424
Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., WINANTI, W., Fayzhall, M., & Putra, F. (2020). Hard Skills Dan Soft Skills: Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam? Journal EVALUASI, 4(1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.362
Damayanti, F., & Supriyatin, T. (2020). Bercocok Tanam Dengan Sistem Hidroponik Berbasis Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 4(1). https://doi.org/10.52643/jppm.v4i1.724
Fathoni, F. (2019). Pendampingan Komunitas Sekolah Berbasis Go Green Melalui Tanaman Hidroponik Dan Bank Sampah Di Mi At Taqwa Wotgalih. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(Vol 1 No 1 (2019): November).
Goestjahjanti, F. S., Asbari, M., Purwanto, A., Agistiawati, E., Fayzhall, M., Radita, F. R., Maesaroh, S., Asnaini, S. W., Chidir, G., Yani, A., Singgih, E., Sudiyono, R. N., Basuki, S., Yuwono, T., Hutagalung, D., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Pengaruh Organizational Learning Terhadap Peningkatan Hard Skills, Soft Skills Dan Inovasi Guru. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).
Haifaturrahmah; Nizaar, Muhammad; Ad, M. (2017). Pemanfataan Botol Plastik Bekas Sebagai Media Tanam. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1).
Jainuddin, J., Mubarik, M., & Bahri, S. (2021). Pengaruh Metode Pakem Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD NEGERI 124 Batuasang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1). https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.1058
Junilasari, R., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Multisensori Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(I).
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Lailani, N. F., Nadar, W., & Syaikhu, A. (2020). Penggunaan Media Hidroponik dalam Perkembangan Kecerdasan Naturalis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
MD, M., & Arianty, N. (2019). Pemanfaatan pekarangan dalam usaha budidaya sayuran secara hidroponik. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1).
Miswar, D., Basri, M., Yarmaidi, Y., & Aristoteles, A. (2021). Pelatihan Penyusunan, Pembuatan, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru Di Kecamatan Lemong. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1). https://doi.org/10.23960/buguh.v1n1.104
Muslihudin, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Workshop. P2M STKIP Siliwangi, 3(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p51-58.627
Nidia s. (2022). Manfaat Hidroponik di Sekolah dan Tips Menanam. Retrieved from: https://farmee.id/manfaat-hidroponik-di-sekolah/. (Online) Diakses 20 November 2022.
Pahenra, P. (2021). Optimalisasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran untuk Mestimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Education and Teaching (JET), 1(2). https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.16
Putri, N. W. S., Suryati, K., Kartini, K. S., Wijayanti, N. W. E., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. . (2022). Pelatihan hidroponik untuk meningkatkan keterampilan guru-guru paud. Puan indonesia, 3(2), 295–302. https://doi.org/10.37296/jpi.v3i2.78
Sukmarani, D., & Syarif, A. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Naturalis dengan Kesadaran Lingkungan Siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. University Research Colloqium.
Tutuko, P., Widiyaningtyas, T., Sonalitha, E., & Nurdewanto, B. (2018). Pemberdayaan Kelompok Rumah Pangan Lestari dalam Budidaya Tanaman Hidroponik. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1). https://doi.org/10.33366/japi.v3i1.843
Yustinah, Rusanti, W. D., & Nuryani, F. (2022). Pelatihan Hidroponik Untuk Pemula bagi Guru dan Siswa SMK Jayabeka 02 Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, Vol 4, No. 2, hlm. 89-94. DOI: 10.24853/jpmt.4.2.89-94
Wirdianti, N., Komala, R., & Miarsyah, M. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis Dengan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Siswa. Jurnal Biotek, 8(1). https://doi.org/10.24252/jb.v7i1.6860
DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i1.13514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats